Blog

5 Kesalahan Ini Perlu Kami Hindari Ketika Membuat Desain Logo Bisnis!

5 Kesalahan Ini Perlu Kami Hindari Ketika Membuat Desain Logo Bisnis!

Saat ini desain Logo jadi satu hal penting dalam perkembangan sebuah bisnis, tanpa logo kita jadi kurang bisa lebih maju, tanpa logo kita tidak bisa “bersaing” dengan saingan kita.

Tapi sayangnya, sampai sekarang masih banyak pelaku UKM yang mengesampingkan desain logo yang mereka pakai. Padahal agar bisa dikenal luas masyarakat, desain logo harus dicantumkan pada kemasan produk atau pada alat promosi lainnya.

Nah, untuk menghindari kesalahan dalam pembuatan desain logo bisnis. Berikut ini 5 kesalahan fatal yang paling sering dilakukan para pelaku UKM.

1. Pemilihan Nama Bisnis Yang Rumit

Menentukan sebuah nama memang gampang-gampang susah, ada yang terlanjur sudah terkenal dengan nama bisnis yang sekarang, ada yang masih “galau” menentukan nama terbaik, ada yang sering mengganti nama dengan nama yang baru yang akhirnya konsumen menjadi bingung. Menentukan nama bisnis sebaiknya sudah dipertimbangkan diawal akan membangun bisnis.

Menentukan nama bisnis disesuaikan dengan karakter dari bisnis kita, karena sangat mungkin bahwa dari nama bisnis tersebut akan berpengaruh terhadap logo bisnis yang akan dibuat.

Pastikan Logo yang dibuat bersifat familiar, enak diucapkan, tidak menyinggung dan bersifat jangka panjang.

2. Mengikuti warna Brand terkenal

Setiap saya jalan-jalan mengelilingi kota Yogyakarta, saya sangat sering memperhatikan bisnis-bisnis baru maupun lama yang ada di Yogya, saya sangat antusias untuk mempelajari mulai dari warna logo, jenis logo yang dibuat dan ruang bisnis yang digunakan.

Ada syndrom yang sedang berkembang saat ini dan sebenarnya tidak perlu dilakukan, yaitu mengikuti warna brand yang sudah terkenal.

Warna adalah identitas yang sangat berpengaruh dalam kemajuan, colour identity memang perlu, tapi kita harus berhati-hati dalam pemilihan warna, mengikuti 70 s/d 80 % dari brand yang terkenal akan menimbulkan asumsi “ikut-ikutan” dan ini sangat berbahaya untuk keberlangsungan bisnis yang kita jalani. Percaya dirilah untuk menentukan warna yang tidak mengikuti brand yang sudah berkembang.

3. Meniru Logo Brand Luar

Ini adalah yang paling sering dan sering sekali dilakukan oleh beberapa start up bisnis dan yang sudah bergerak lama didunia bisnis.

Meniru Logo Brand Luar sangat sering terjadi, saya sering memperhatikan Logo dari bisnis seperti Cafe atau tempat kopi. Banyak dari bisnis yang dijalani tersebut mengikut brand kopi terkenal sekelas Starbucks, padahal jika kita jeli dalam menentukan brand dengan gaya berbeda, kita akan bisa bersaing dengan brand yang sudah terkenal sekalipun

Sekali lagi perlu kepercaya dirian, meniru bukanlah solusi untuk menciptakan kesan sukses dalam bisnis.

4. Pemilihan warna logo yang kurang tepat

Melanjutkan point yang nomor 3, warna logo sangat berpengaruh dalam menciptakan kesan profesional dalam sebuah bisnis. Ada sangat banyak sekali warna pilihan yang bisa dipilih.

Warna bisa menentukan karakter dari bisnis yang dijalani, penggunaan warna yang umum memang boleh-boleh saja, akan tetapi pengalaman saya membuat pesanan logo dari berbagai usaha, saya selalu melakukan interview ke konsumen saya, tentu ini adalah tujuan saya untuk menentukan warna yang ideal untuk konsumen saya.

5. Penentuan Icon yang salah

Icon atau symbol adalah salah satu unsur yang sangat berpengaruh dalam membuat logo, kita bisa pelajari bagaimana logo sekelas Apple, fedex, canon, nikon, toyota, honda dan berbagi brand luar yang sangat berkembang hingga saat ini, icon yang dibuat bukan sembarang dibuat, tentu sangat banyak sekali perhitungan.

Untuk itu, diperlukan tenaga desainer grafis dalam membuat sebuah logo. “Jangan pelit”, membuat logo terbaik harus menghargai tenaga desainer yang kita bayar.

Ada beberapa jenis desain logo yang bisa anda pilih, diantara

  • Logo Icon saja
  • Logo Icon dan Tulisan
  • Logo Tulisan saja

Baik, itulah 5 Kesalahan Yang Paling Sering Terjadi dalam Menentukan Logo Bisnis yang sangat sering saya jumpai, tetap percaya diri dengan kualitas brand kita, dan selamat berkarya.