Blog

DESAIN BOX KEMASAN DORONG PRODUK UKM MASUK RITEL MODERN

desain-box-kemasan-dorong-produk-ukm-masuk-ritel-modern

desain-box-kemasan-dorong-produk-ukm-masuk-ritel-modern

Produk UKM yang dulunya biasa-biasa saja nyatanya bisa disulap terlihat istimewa jika dikemas dengan desain kemasan produk yang menarik.  Dan dari sekian banyak desain kemasan produk yang beredar di pasaran, sampai saat ini desain box kemasan masih menjadi primadona bagi pelaku UKM di Indonesia.

Hampir sebagian besar dari mereka memilih desain box kemasan karena selain bentuk box kemasan sekarang ini semakin beragam, ternyata desain kemasan produk yang satu ini juga memiliki banyak keunggulan sehingga memudahkan para pelaku UKM dalam mempercantik penampilan produknya hingga diterima masuk ke ritel modern.

Lalu, kira-kira apa saja keunggulan desain box kemasan untuk produk UKM? Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Pertama, memiliki perlindungan yang kuat. Bila dibandingkan dengan desain kemasan produk berbahan paperboard ataupun plastik, desain box kemasan secara umum memiliki ketahanan dan perlindungan yang cukup kuat. Dengan box kemasan yang sengaja didesain tertutup, produk Anda bisa terhindari dari air, gas, atau kotoran lainnya yang bisa merusak kualitas produk.

Kedua, tak kalah menarik dengan kemasan lainnya. Meski menggunakan box kemasan, namun secara penampilan desain kemasan unik yang satu ini tak kalah bersaing dengan desain yang lain. Ditambah lagi sekarang ini desain box kemasan mulai dikombinasikan antara box plastik dan paperboard dengan berbagai tekstur motif, sehingga produk didalamnya masih bisa terlihat dari luar meskipun dikemas dalam sebuah box.

Ketiga, memberikan kesan mewah. Selain terlihat unik dan menarik, desain kemasan produk yang menggunakan box juga memberikan nilai tambah pada produk sehingga terlihat lebih mahal dan mewah. Tentu hal ini tidak hanya mendatangkan daya tarik tersendiri bagi calon pelanggan namun juga memberikan tambahan keuntungan bagi para pelaku UKM.

Keempat, tak jarang box kemasan produk menjadi media promosi dalam jangka waktu yang cukup lama. Melihat desain kemasan produk yang Anda pilih cukup menarik, tak jarang sebagian konsumen menyimpannya dalam waktu yang cukup lama atau malah menggunakan kemasan produk tersebut untuk keperluan lain. Misalnya bekas kotak jam yang unik bisa difungsikan sebagai kotak tempat penyimpanan aksesoris.

Kelima, memudahkan UKM untuk masuk ke pasar global. Bila selama ini produk UKM dipandang sebelah mata dan hanya dipasarkan di lingkup pasar regional atau nasional, dengan desain kemasan box yang menarik maka penampilan produk Anda terlihat lebih modern sehingga peluang masuk ke pasar internasional semakin hari kian terbuka lebar.

Nah, setelah mengetahui banyaknya keunggulan yang diperoleh dari desain box kemasan, kini saatnya giliran Anda untuk mempersiapkan desain kemasan produk sebaik mungkin agar produk Anda tak kalah bersaing di pasaran. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

 

Sumber