DESAIN KEMASAN SNACK YANG MENARIK

kemasan-produk-makanan

Pengemasan di sektor industri makanan memiliki peranan yang sangat penting terutama dalam mendorong pemasaran hasil produksi. Tak terkecuali pada produk snack atau makanan ringan, dimana pembuatan desain kemasan snack mempunyai tujuan yang lebih komplek bukan hanya sekedar sebagai wadah maupun pelindung saja, tapi juga sebagai salah satu cara untuk memikat calon konsumen.

Tujuan awal dari membuat desain kemasan produk memang sebagai wadah atau tempat bagi produk makanan yang dihasilkan, terlebih lagi untuk jenis makanan ringan atau snack yang cenderung berbentuk kecil-kecil dan jumlahnya banyak sehingga membutuhkan tempat yang proporsional untuk menampung sebelum dipasarkan. Kemasan juga akan mempermudah perhitungan produk dan memberi kenyamanan bagi konsumen pemakainya.

Selain itu, pembuatan kemasan produk juga bertujuan untuk melindungi produk didalamnya sehingga bisa bertahan lebih lama. Kemasan produk yang dahulu terbuat dari bahan yang tipis kini menjadi lebih tebal, material yang digunakan lebih baik lagi dan desain kemasan pun dibuat semenarik mungkin agar bisa menarik konsumen. Kedua fungsi itulah yang menjadi fungsi dasar dalam pengemasan.

Tips Membuat Kemasan Snack Yang Menarik

Teknologi pengemasan yang lebih maju tentunya mengutamakan keindahan dalam segi bentuk. Selain dari segi kekuatan bahan baku pembuat kemasan, keindahan atau membuat kemasan menjadi menarik juga merupakan point penting untuk menambah daya tarik calon konsumen dan sebagai sarana informasi.

Desain kemasan sebisa mungkin harus inovatif, selain itu bentuknya juga harus mempermudah konsumen saat membawanya karena sekarang ini konsumen lebih mengutamakan kepraktisan. Penggunaan warna yang menarik dan juga cerah pada kemasan akan membuat kemasan menjadi lebih menonjol dari segi pewarnaannya. Sedangkan efek mengkilat pada kemasan akan memberikan efek kesan yang mewah dan kualitas pada produk.

Informasi yang jelas dan singkat mengenai produk di dalam kemasan juga sangat penting, misalnya saja informasi mengenai petunjuk penggunaan produk dan manfaat produk. Dalam pencantuman informasi atau data produk sebaiknya dilengkapi juga dengan data legalitas produk dari lembaga pemerintahan yang berwenang sehingga konsumen lebih yakin dengan produk yang Anda pasarkan. Badan yang terkait untuk makanan ringan diantaranya adalah Badan Pengawas Obat dan Makanan atau Dinas Kesehatan.

Nilai dari jenis kemasan produk yang dibuat dengan menarik dan tampilannya yang mewah memiliki harga yang tinggi sehingga menjadikan harga jual kepada konsumen menjadi meningkat. Hal itu tentu juga harus dipertimbangkan sesuai dengan target konsumen yang akan dibidik. Jika target konsumen Anda kelas bawah maka akan membuat produk Anda susah bersaing, namun pada tingkatan konsumen menengah atas, harga yang tinggi tidaklah menjadi masalah atau hambatan untuk bersaing dipasaran.

Namun, harus selalu Anda ingat bahwa kualitas produk selalu menjadi hal yang paling penting dan utama. Kualitas produklah yang memastikan bahwa akan datang kembali untuk membeli produk Anda.

 

Sumber