Kemasan Makanan Dan Minuman Ini Dijamin Bikin Produkmu Makin Kekinian

Tak hanya perang harga dan varian rasa, sekarang ini para pelaku bisnis makanan dan minuman mulai berlomba membuat desain kemasan yang anti mainstream agar produknya terlihat menarik di mata calon konsumen. Pasalnya sekarang ini trend kemasan makanan dan minuman semakin beragam, sehingga para pelaku bisnis harus berani tampil beda agar produknya tak kalah bersaing dengan pemain lainnya.

Menurut hasil penelusuran dari berbagai sumber, salah satu jenis kemasan produk yang paling diminati pelaku bisnis makanan dan minuman adalah flexible packaging. Apa itu flexible packaging?

Sebagian besar dari kita mungkin masih awam dengan istilah ini, yang dimaksud dengan flexible packaging adalah salah satu jenis kemasan produk yang terdiri dari 2 layer atau lebih. Umumnya jenis flexible packaging menggunakan bahan aluminium foil, PE, PET, dan lain sebagainya.

Dari hasil penelusuran di lapangan, trend penggunaan flexible packaging belakangan ini memang banyak digunakan para pelaku bisnis makanan dan minuman karena selain bentuknya unik dan lucu tapi juga tampilannya kekinian sehingga memudahkan para pelaku bisnis yang mulai memasarkan produknya di ranah maya. Bahkan tak sedikit dari mereka yang membuat jenis kemasan ini dengan desain warna dan gambar yang instagramable, agar produknya terlihat menarik ketika difoto.

Nah, agar produkmu tak kalah bersaing, simak dulu 5 jenis flexible packaging yang paling populer dan belakangan ini semakin sering digunakan untuk kemasan makanan dan minuman kekinian.

1. Stand up pouch mulai dipilih karena tampilannya yang cantik dan bentuknya efisien.

Kemasan stand up pouch

Kemasan stand up pouch (Foto : http://4.bp.blogspot.com/)

Kemasan stand up pouch sekarang ini banyak disukai para pelaku bisnis makanan dan minuman, karena tampilan desainnya sangat cantik. Apalagi model kemasan ini bia ditambahkan zipper sebagai penutup kemasan, sehingga produk bisa berdiri tegak. Belakangan ini jenis kemasan stand up pouch banyak digunakan untuk kemasan camilan, kemasan kopi, kemasan gula semut, sampai yang paling kekinian digunakan sebagai kemasan minuman ice blend.

2. Kemasan side gusset pouch paling banyak dilirik pelaku bisnis kopi

Kemasan side gusset pouch

Kemasan side gusset pouch (Foto : http://no-bs.com.au/)

Side Gusset Pouch bentuknya sangat lucu, bisa berdiri seperti kemasan stand up pouch tapi bentuknya hampir mirip bantal. Kebanyakan pengguna kemasan side gusset pouch adalah produsen produk kopi, teh, sereal, dan pet food.

3. Flat Bottom Pouch merupakan perpaduan model stand up pouch dan side gusset pouch

Kemasan flat bottom pouch

Kemasan flat bottom pouch (Foto : www.lkpak.com)

Hampir mirip dengan side gusset pouch, bedanya jenis flat bottom pouch ini memiliki zipper di bagian atasnya. Kemasan ini merupakan salah satu model terbaru di industri packaging, karena saking banyaknya konsumen yang menginginkan model kemasan ini. Biasanya flat bottom pouch digunakan untuk mengemas sereal, biji-bijian seperti gandum, beras, dan camilan kacang.

4. Pelaku bisnis camilan di Indonesia tak bisa move on dari kemasan pillow pouch

Kemasan pillow pouch

Kemasan pillow pouch (Foto : chiefpackagingofficer.com)

Kemasan yang satu ini memang identik dengan produk snack kering seperti aneka macam keripik, soes kering, permen, mie instan, dan makanan kecil lainnya. Sampai saat ini para pelaku bisnis camilan tak bisa move on dari model kemasan pillow pouch karena harganya relatif murah karena materinya tidak terlalu tebal.

5. Three side seal sekarang ini paling banyak dicari, karena konsumen lebih suka kemasan sachet

Kemasan three side seal

Kemasan three side seal (Foto : wiesenhofcoffees.co.za)

Kemasan three side seal ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan pillow pouch, hanya saja yang membedakan model ini memiliki seal di setiap ujung sisi kemasan. Selain itu bagian atasnya dibiarkan terbuka untuk memasukkan produk ke dalam kemasan, dan direkatkan dengan bantuan mesin pengemas otomatis.

Kemasan model ini dalam beberapa tahun terakhir paling banyak dicari para pelaku bisnis makanan dan minuman, sebab sekarang ini konsumen lebih suka membeli produk dalam bentuk sachet. Selain itu, hadirnya teknologi mesin pengemas otomatis juga sangat membantu para pelaku industri makanan dan minuman. Sehingga mereka memilih berinvestasi untuk membeli mesin pengemas otomatis dan menggunakan kemasan three side seal.

Tapi ingat, jangan asal berinvestasi. Sebab saat ini harga mesin pengemas otomatis yang ada di pasaran sangat beragam. Pastikan kamu mendapatkan produk dan layanan purna jual yang berkualitas agar tak salah dalam berinvestasi,

SUMBER