Blog

LIHAT BAIK-BAIK! APA SIH ARTI SIMBOL INI DI KEMASAN MAKANAN?

simbol ou pada kemasan makanan

simbol ou pada kemasan makanan

Kalau selama ini kamu sering membeli makanan kemasan di minimarket atau supermarket, pasti kamu sering menemukan label kemasan makanan yang mencantumkan simbol atau logo asing yang sebenarnya kamu sendiri tidak tahu artinya.

Bahkan terkadang masyarakat kita tidak mempedulikan simbol-simbol khusus yang terdapat pada kemasan makanan yang mereka beli. Padahal simbol tersebut memiliki arti dan informasi penting sepatutnya kita ketahui.

Seperti contohnya simbol misterius yang berbentuk huruf U di dalam sebuah lingkaran, biasanya simbol ini tertera pada berbagai produk makanan dan minuman yang berasal dari luar negeri. Simbol yang dikenal dengan sebutan OU ini memiliki arti Union of Orthodox. Simbol ini umumnya dapat ditemukan pada kemasan Coca-Cola, Nestle, Jim Beam, Heinz, dan merek terkenal dunia lainnya.

Simbol OU ini adalah tanda misterius yang disebut dengan simbol hechsher. Sebuah hechsher adalah sertifikasi produk khusus dalam kualifikasi makanan yang sesuai dengan persyaratan kosher. Dalam kamus Inggris-Indonesia kosher diterjemahkan sebagai halal.

Perusahaan kosher bersertifikat harus memenuhi standar kualitas tertinggi produk serta mempertahankan praktik-praktik manufaktur yang terbaik. Sertifikasi hechsher membawa persyaratan yang ketat terhadap kualitas produk jadi serta bahan-bahan mereka.

Itulah sebabnya jalur produksi dan peralatan yang digunakan untuk memproduksi makanan kosher harus sepenuhnya bersih. Bahkan bahan non-kosher sekecil apapun sangat tidak diperbolehkan. Suatu produk dapat menjadi non-kosher jika perabot dan peralatan yang digunakan tidak bersih.

Hukum makanan kosher mengidentifikasi tiga klasifikasi makanan: daging, susu, dan makanan netral yang disebut juga pareve (penetapan hukum makanan atau minuman kosher yang tidak mengandung susu ataupun daging). Hechsher sendiri bukanlah penanda makanan hypoallergenic. Namun, produk netral ini membantu orang-orang yang alergi terhadap susu atau daging. Sehingga pareve menunjukkan makanan bebas dari produk susu dan daging.

Agar kamu lebih mudah memahami arti simbol OU pada kemasan makanan atau minuman. Begini pengertiannya:

  • OU merupakan makanan yang tak mengandung daging dan susu.
  • OU-D berarti makanan mengandung susu.
  • OU-M (OU-Glatt) merupakan produk yang dibuat dari bahan daging.
  • OU-F berarti terbuat dari bahan ikan.

Dengan memperhatikan logo tersebut, konsumen yang alergi dengan susu maupun daging dapat lebih berhati-hati dalam membeli makanan. Selain itu, simbol OU juga memastikan kamu membeli makanan dan minuman dengan kualitas terbaik. Semoga bermanfaat!

 

SUMBER