Melihat Peluang Bisnis Susu Yang Menjanjikan

Bisnis susu saat ini menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Sebab susu merupakan minuman yang punya banyak manfaat. Ada banyak manfaat yang terdapat dalam kandungan susu. Minuman susu juga merupakan salah satu minuman yang sangat bergizi karena merupakan sumber nustrisi yang baik. Susu saat ini banyak beredar di pasaran dengan beragam jenis dan rasa.

Peluang bisnis susu

Susu saat ini sudah bukan lagi hanya untuk konsumsi oleh kalangan anak – anak. Dari kalangan anak muda sampai tua sekarang banyak yang mengkonsumsi susu karena khasiatnya. Untuk anak muda sendiri, sekarang banyak cafe – cafe yang menawarkan konsep minuman susu.

Makanya sekarang semakin banyak orang yang mengonsumsi susu. Dengan perkembangan seperti itu, bukan tidak mungkin menumbuhkan permintaan pasar terhadap susu dan menjadikan peluang bisnis susu makin terbuka lebar.

Jadi jangan heran kalau Anda menemukan banyak sekali tempat yang menjual susu murni. Susu ini dikonsumsi oleh semua kalangan yaitu kulai  dari anak-anak hingga orang dewasa dan orang tua semuanya bisa menjadi konsumen susu murni.

Walau terdapat banyak sekali saingan, namun Anda masih bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Berikut ini analisa sederhana untuk memulai bisnis susu.

Analisa Modal Bisnis

Analisa model bisnis susu

Modal Bisnis Susu

– Stok Susu Murni                             Rp 1.600.000

– Kulkas                                                Rp 2.000.000

– Meja & Kursi                                    Rp 800.000

– Kompor & Termos Es                    Rp 600.000

Total Modal Awal                             Rp 5.000.000

Biaya Operasional

Biaya Penyusutan Peralatan        Rp 89.000

Transportasi                                       Rp 600.000

Listrik, Air & Administrasi              Rp 300.000

Total Biaya Operasional                 Rp 989.000

Perhitungan Keuntungan Per Bulan

Bisa diasumsikan penjualan perhari terjual sebanyak 50 botol susu dengan harga perbotolnya Rp 5.000 maka bisa dihitung keuntungan perhari dan berbulannya sebagai berikut :

Penjualan per hari Rp 5.000 x 50 = Rp 250.000

Penjualan per bulan Rp 250.000 x 30 = Rp 7.500.000

Pendapatan Bersih perbulan

Laba Rp 7.500.000 – Rp 2.589.000 = Rp 4.911.000

Pengembalian Modal

Modal awal Rp 5.000.000 : Keuntungan per bulan Rp 4.911.000 : 1 bulan

Jadi ketika menjalankan usaha berjualan susu murni, dengan gambaran analisa usaha di atas. Anda dapat mengembalikan modal awal usaha di bulan pertama dengan asumsi penjualan per hari rata-rata 50 botol.

Tips Memulai Bisnis

Tips memulai bisnis susu

Sebagai pemula dalam binis susu ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan supaya modal awal akan lebih ditekan. Berikut ini tips lengkapnya supaya bisa Anda simak.

1. Mencari Pemasok Susu

Anda harus mencari para peternak sapi perah dan juga berkeja sama dengannya, usahakan mencari supplier yang memiliki harga yang cukup murah dan juga memiliki kualitas yang baik.  Anda harus melakukan survei dengan cara menemui secara langsung yang nantinya akan menjadi mitra Anda, agar Anda dapat melihat kualitas dari susu murninya.

2. Tentukan Lokasi Bisnis Susu

Dengan pemilihan lokasi yang tepat maka hal ini akan menjadi hal yang penting bagi peluang usaha Anda. Berhubung susu murni ini banyak disukai oleh kalangan masyatakat, maka Anda mencoba menjualnya ditempat yang ramai yaitu seperti dikomplek rumah, kantor, kampus, sekolah serta masih banyak lagi lokasi lainnya.

Dengan pemilihan lokasi yang strategis maka peluang usaha susu Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar. Tapi selain itu Anda juga harus mencari tempat berjualan dengan harga sewa yang murah.

3. Siapkan Peralatan

Sebelum Anda memulai usaha susu murni, maka hal yang wajib Anda lakukan adalah menyiapkan segala peralatan yang akan dibutuhkan nantinya. Yaitu seperti gelas susu, blender, cooler box, toples, sendok ukur, panci kecil, ember, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi untuk menghemat pengeluaran saat membeli perlengkapan harus membeli yang murah atau jika sudah memilikinya tidak perlu membelinya.

4. Sediakan Variasi Rasa Susu

Semakin banyaknya variasi dari susu murni yang Anda jual maka akan menjadi daya tarik sendiri bagi para konsumen untuk membeli susu murni Anda dan juga cara ini juga bisa menghemat takaran susu yang dibuat sehingga lebih banyak stok yang dijual.

Kemasan susu

Selain bisnis susu murni ada juga peluang lain yang bisa dikembangkan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat akan susu yaitu produk susu bubuk. Hal yang perlu diperhatikan ketika akan mengembangkan usaha susu bubuk adalah pengemasan produk susu bubuk. Supaya produk susu bubuk milik Anda makin berkualitas. Kenapa kemasan produk susu bubuk menjadi hal yang penting?

1. Kemasan adalah media iklan untuk bisnis susu

Kemasan adalah media iklan pertama untuk calon pembeli. Maksudnya adalah, pembeli akan mengetahui produkmu dari sajian informasi yang ada di kemasanmu.

2. Menjaga produk

Kemasan ini selain sebagai wadah juga berfungsi sebagai media untuk menjaga ketahanan produkmu. Semakin baik kemasan semakin lama dan kuat pula daya tahan produkmu.

3. Meningkatkan minat beli

Jika kemasan yang Anda tawarkan sangat menarik, bukan tidak mungkin hal ini akan membuat konsumen melirik. Jadi dengan kemasan yang mendukung, hal ini akan ikut meningkatkan daya jual produk Anda ke konsumen.

Beberapa keuntungan di atas adalah sebagian keuntungan yang Anda dapatkan ketika menggunakan kemasan produk susu bubuk yang tepat. Kemasan produk susu bubuk yang tepat akan sangat membantu Anda dalam hal menjaga produk tetap awet. Hal ini nantinya juga akan mendongkrang penjualan supaya makin meningkat.

Mesin pengemas susu

Untuk menciptakan produk kemasan susu bubuk yang berkualiast maka dibutuhkan teknologi tepat guna yaitu mesin pengemas susu bubuk.  Pengunaan mesin pengemas susu bubuk tentunya akan memberikan banyak keuntungan untuk Anda. Kira-kira apa saja? Simak selengkapnya berikut ini!

1. Tidak perlu manual lagi

Anda tidak perlu manual lagi dalam mengukur gram yang dibutuhkan karena sudah dilakukan oleh mesin. Hal yang sama juga berlaku pada kemasannya, Anda tidak perlu repot – repot mengelem manual kemasannya karena sudah dilakukan oleh mesin.

2. Kecepatan pengemasan untuk bisnis susu

Tidak perlu khawatir stock produkmu akan kosong di pasaran. Karena kecepatan yang dihasilkan oleh mesin ini mampu untuk membuat stock produk susu bubukmu aman.

3. Tingkat kerapian

Walaupun dituntut untuk cepat, bukan berarti kemasan yang dihasilkan juga akan apa adanya. Tingkat kerapian dan kekuatan kemasan yang dihasilkan pun sangat baik. Sehingga membuat produkmu semakin awet.

Itulah ulasan lengkap mengenai peluang bisnis susu yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjalankan bisnis ini. Buatlah persiapan yang matang untuk menjalankan usaha ini. Mulai dari perhitungan modal, konsep bisnis, analisa pasar, dan strategi pemasaran yang tepat.

Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis Anda semakin #NaikKelas ya! Jika ada hal yang ingin dikonsultasikan terkait mesin pengemas susu bubuk Anda bisa menambahkan melalui kolom komentar di bawah ini atau bisa hubungi melalui whatsapp Aneka Mesin di bawah ini.

Tinggalkan komentar