Blog

Mengeringkan Cabai Dengan Teknik Yang Benar

mengeringkan-cabe-dengan-teknik-yang-benar

Cabai kering yang baik adalah cabai dengan kadar air 5-8 %. Semua jenis cabai intinya bisa dikeringkan. Jika cabai merah  besar dibelah. Dengan pembelahan, cabai memerlukan waktu pengeringan yang lebih singkat/pendek. Cara Mengeringkan cabai dengan baik,ada beberapa langkah.

Pilih buah yang matang penuh, bagus dan tidak terserang penyakit. Jika masih muda kadang menghasilkan produk cabai yang berwarna keputih-putihan.  Jangan menggunakan cabe yang busuk karena warnya menghitam dan rasa pahit. Setelah sortasi pemilihan, cabai dicuci dan dibelah. Pembelahan dilakukan agar waktu pengeringan lebih cepat dan akan menghasilkan cabai kering dengan warna yang lebih baik dibandingkan dengan cabai tanpa dibelah. Cabe kecil tidak perlu dibelah jika ingin terlihat utuh atau dijual utuh.

Agar hasil cabe cemerlang lakukan pencelupan atau perendaman penggunaannyadengan merendam buah cabai yang akan dikerigkan ke dalam larutan kalium meta bisulfit(0,2 %) selama 5-6 menit. Untuk membuat 1 liter larutan meta bilsufit, ditimbang 0,2g, larutkan sedikit demi sedikit sodium meta bisulfit dengan air yang bersih, setelah semua larut dengan sempurna, tambahkan air ke dalam larutan sampai volume 1 liter.  Larutan metabisulfit bisa membantu mencerahkan warna cabai dan mencegah browning atau warna berubah hitam/coklat yang seringkali terjadi pada sayuran.

Setelah dicelup cabai dikeringkan yakni dengan  menguapkan kandungan air pada cabai hingga jadar airnya kurang lebih 5-8% untuk mencapai kadar air tersebut, waktu pengeringan yang dibutuhkan 20 – 25 jam (cabai utuh) dan 10 – 25 jam (cabai di belah). Suhu pengeringan yang digunakan adalah 60 derajat Celsius jika dilakukan dengan menggunakan oven atau cabinet dryer. Jika dipanaskan di sinar matahari butuh waktu antara 2-3 hari. Setelah kering cabe bisa disimpan di kemasan tertutup dengan suhu antara 0-30 derajat Celcius.

Setelah proses pengeringan adalah proses pengemasan cabai bubuk,supaya kualitas dan kuantitas produk tidak berkurang,dan memudahkan dalam penjualan,pengangkutan ,maupun penghitungan produk cabai bubuk . Jika kapasitas produksi besar,mesin packing cabai bubuk otomatis adalah alat yang wajib digunakan,karena cara manual sudah tidak memungkinkan,sudah tidak ekonomis lagi. Info detail mengenai mesin pengemas cabai bubuk,silahkan kunjungi Aneka Mesin.

 

Sumber