Mesin Pengisi Botol, Alat Canggih untuk Proses Pengisian

Mesin pengisi botol, adalah mesin yang digunakan untuk proses pengisian liquid atau cairan kedalam botol. Untuk mesin kali ini yang kita bahas adalah mesin yang sudah bersistem otomatis. Jadi proses pengisiannya kedalam botol sudah dilakukan secara otomatis.

Proses pengisian merupakan satu hal kecil yang sekirangnya dianggap mudah namun sebenarnya banyak memakan waktu. Terlebih bagi para pelaku usaha yang memang kapasitas pengemasan yang harus terpenuhi tiap harinya sangat tinggi. Baik karena memang permintaan pasar yang cukup tinggi atau mungkin karena ingin menjangkau market yang lain ditempat lain.

Banyak produk yang dikemas kemasan botol

Berbagai macam produk saat ini memang masih banyak yang dikemas dengan kemasan botol. Khususnya adalah produk cairan, seperti saos, kecap, minyak goreng, minuman cair, madu, dan masih banyak lagi. Kebutuhan mesin pengisian yang otomatis pastinya tidak bisa terhindarkan. Karena bagaimanapun proses pengisian secara manual tidak akan optimal.

Pengisian produk liquid memang jauh optimal kalau dilakukan oleh mesin, karena jika masih secara manual dalam pengisiannya akan memakan waktu yang lama. Selain itu juga harus menakar isian sesuai dengan ukuran yang sudah ditetapkan. Itu akan menambah waktu dalam proses pengisian produk cairannya.

Kalau dengan mesin proses pengisian akan relatif lebih cepat, otomatis akan didapatkan kapasitas pengisian yang lebih banyak. Dan juga soal ukuran isian, mesin sudah diatur sedemikian rupa mengenai volume liquid yang harus diisikan ke dalam botol. Jadi pekerja yang menjalankan mesin tidak perlu sibuk untuk mengukur secara manual besaran dari volume yang diisikan.

Keunggulan mesin filling carian ini lah yang harusnya dipertimbangkan karena kalau usahanya sudah besar mau tidak mau harus menggunakan bantuan mesin untuk mempermudah proses pengisiannya. Lalu bagaimana cara pememilihan mesin filling botol yang tepat?

Cara memilih mesin pengisi botol yang tepat

1. Kondisi mesin baru

Pertama adalah soal kondisi mesin, yang dimana sangat dianjurkan untuk memilih mesin dalam kondisi baru. Agar part yang digunakan masih memiliki daya tahan yang lama. Baik secara kekuatan maupun fungsi yang didapatkan. Jangan memilih mesin hanya karena tergoda mengenai harga yang disematkan.

2. Material berkualitas

Selanjutnya adalah mengenai material mesin, material mesin sebenarnya bermacam – macam. Namun yang tidak kalah penting adalah memperhatikan material mesin yang langsung kontak produk. Yang dimana material yang dipakai harus yang food grade atau stainless steel. Karena material – material tersebut sangat cocok untuk produk pangan.

3. Fungsi pengisian

Terakhir adalah fungsi dari pengisian itu sendiri, yang dimana harus memenuhi sesuai yang dibutuhkan. Baik soal kecepatan, keakuratan pengisian, kehigienisan, dan lain sebagainya. Supaya pengguanaan mesin memang benar – benar memberikan manfaat untuk proses pengisian yang dilakukan.

Diatas adalah beberapa hal yang dilakukan agar dalam memilih mesin pengisi tidak mengalami kesalahan. Memperhatikan banyak hal yang dimana ujung – ujungnya adalah mengenai menjaga kualitas dari produk yang dijual. Agar konsumen semakin yakin serta semakin berminat terhadap produk yang dijual.

Dengan kehadiran mesin pengisi yang sudah canggih harusnya akan sangat mendongkrak pada usaha yang dijalankan. Dan semakin meningkatkan margin keuntungan dari penjualan yang dilakukan. Karena jika sudah menggunakan mesin pengisian namun margin keuntungan masih tetap sama dengan yang sebelumnya. Hal itu menandakan kehadiran mesin pengisi tidak memberikan banyak kontribusi dalam usaha yang dijalankan.

Tinggalkan komentar