Artikel, Peluang Bisnis

Segudang Manfaat Gula Merah Untuk Tubuh

Segudang Manfaat Gula Merah Untuk Tubuh

Manfaat gula merah pada dasarnya sangat benyak. Sebab gula merah termasuk dalam pemanis alami yang aman bagi tubuh. Dibandingkan dengan gula pasir putih yang selama ini banyak dikonsumsi masyarakat secara umum, ternyata gula merah atau gula kelapa punya banyak manfaat. Bisa dikatakan juga bahwa pemanis alami gula merah lebih baik untuk kesehatan dibandingkan gula putih biasa. Karena di dalamnya terkandung beberapa mineral dan antioksidan. Selain itu gula merah tidak dimurnikan atau diubah secara kimia dan tidak mengandung bahan buatan atau zat sintetis.

Gula Merah

Gula pada dasarnya digunakan sebagai penambah rasa manis pada makanan dan minuman. Ada dua pemanis yang kerap dikonsumsi yaitu gula putih atau yang biasa disebut dengan gula pasir dan gula merah atau biasa disebut dengan gula aren. Kedua jenis gula tersebut fungsinya sama. Tapi rasa dan kandungannya sedikit berbeda. Gula putih umumnya terbuat dari kritalisasi cairan tebu dan memiliki jumlah kalori yang cukup banyak. Sedangkan gula merah atau gula aren umumnya terbuat dari nira atau kelapa dan kalorinya lebih sedikit.

Dikarenakan jumlah kalorinya yang lebih sedikit, banyak ahli yang menyatakan kalau gula merah jauh lebih sehat dibandingkan gula putih atau gula pasir. Pemanfaatan gula merah di Indonesia sudah ada sejak zaman dahulu, seperti digunakan untuk pemanis alami makanan dan minuman. Gula merah biasa disebut orang Jawa sebagai Gula Jawa yang menyimpan sejuta manfaat untuk tubuh manusia. Apa saja manfaat gula merah ini? Yuk simak penjelasan singkat berikut ini.

Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan

1.Meningkatkan Energi Tubuh

Bagi Anda yang merasa lelah atau tidak berenergi, mengonsumsi gula merah mungkin bisa mengatasi masalah. Mencampurkan gula merah ke minuman, dapat meningkatkan energi tubuh secara cepat dan instan.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain mampu meningkatkan energi tubuh secara cepat, gula merah juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat gula merah ini diperoleh dari kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Antioksidan memiliki peran untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Mencegah Asma

Penyakit asma adalah salah satu penyakit pernapasan yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan dalam bernapas. Untuk mencegah penyakit ini menyerang tubuh, ganti konsumsi gula putih dengan gula merah. Selain mampu mencegah asma, gula merah juga mampu melawan reaksi alergi dari penyakit asma.

4. Mengatur Kadar Kolesterol

Gula merah dapat jadi solusi pengganti pemanis buatan. Tapi dengan syarat tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Gula merah mengandung niasin yang berperan dalam mengatur kolesterol dalam darah, sehingga kadar kolesterol dapat dijaga untuk tetap normal.

Manfaat Gula Merah untuk Mengobati Penyakit

5. Mengandung Antiseptik

Selain mengandung antioksisan gula merah juga mengandung nutrisi yang berperan sebagai anti peradangan dan anti mikroba. Dua kandungan tersebut sangat baik untuk mengatasi luka minor atau luka terbakar, karena bersifat antiseptik. Cukup dengan menempelkan sedikit gula merah ke area luka dan diamkan selama beberapa saat agar luka tidak semakin parah.

6. Memperlancar Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang terganggu atau tersumbat dapat memicu berbagai penyakit berbahaya. Seperti hipertensi, penyakit jantung, hingga stroke. Menjaga sirkulasi darah tetap lancar jadi salah satu cara untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya tersebut. Konsumsi gula merah bisa jadi solusi memperlancar sirkulasi darah.

7. Menghangatkan Tubuh

Mencampurkan gula merah ke dalam minuman dan meminumnya saat tubuh kedinginan ternyata ampuh untuk membuat tubuh menjadi lebih hangat.

8. Meredakan Demam dan Flu

Berkaitan dengan manfaat gula darah sebelumnya, suhu tubuh yang hangat akan membuatnya terhindar dari demam dan flu. Anda bisa menambahkan sedikit gula merah dan jahe dalam minuman hangat untuk meredakan demam dan flu.

Manfaat Gula Merah untuk Pencernaan

9. Tidak Mengandung Bahan Kimia

Karena terbuat dari bahan alami gula merah tidak memiliki kandungan bahan kimia berbahaya. Justru gula merah mengandung banyak mineral alami, seperti kalsium, iron, magnesium, potassium dan phosphorus.

10. Mengobati Sariawan

Kandungan mineral alami dalam gula merah memiliki banyak manfaat, salah satunya mengobati sariawan. Ditambah dengan kandungan niacin yang membuat gula merah semakin ampuh untuk mengatasi berbagai masalah sariawan.

11. Mencegah Obesitas

Jumlah kalori yang rendah dalam gula merah sangat berpengaruh dalam mencegah obesitas dan peningkatan berat badan. Selain itu banyak manfaat gula merah lain yang bisa diperoleh tubuh karena kandungan kalori rendahnya.

12. Memperlancar Pencernaan

Selain mampu mencegah obesitas, mengonsumsi gula merah secara rutin juga dapat memperlancar pencernaan. Di saat pencernaan mengalami masalah, gula merah juga dapat membantu tubuh dalam mengatasi masalah tersebut.

13. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang diet menurunkan berat badan, bisa mengganti konsumsi gula dengan gula merah. Kalori rendah dalam gula merah sangat cocok untuk menurunkan berat badan secara efektif.

Manfaat Gula Merah untuk Kulit

14. Melindungi Kulit

Kandungan antioksidan dalam gula merah sangat baik untuk kesehatan kulit. Terutama untuk melindungi kulit dari bahaya radikal bebas, peradangan, dan infeksi bakteri. Cukup dengan mengonsumsi gula merah secara rutin, maka manfaat ini bisa diperoleh kulit.

15. Mencegah Jerawat

Dengan kulit yang terlindungi, jerawat tentu enggan untuk mampir ke kulit. Tidak hanya mampu mencegah jerawat, mengonsumsi gula merah secara teratur juga dapat melindungi kulit wajah dari komedo yang membandel. Manfaat ini tentu akan membuat kulit jadi lebih bersih, segar, dan tampak awet muda.

16. Mencegah Penuaan Dini

Peran antioksidan untuk kesehatan kulit memang sangat penting. Tidak hanya untuk melindungi kulit dari berbagai masalah jerawat dan komedo saja, antioksidan ditambah dengan kandungan vitamin B dalam gula darah mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini di kulit. Tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis halus dan noda hitam, akan tersamarkan dengan mengonsumsi gula merah secara rutin.

Manfaat Gula Merah untuk Perempuan

17. Mengatasi Masalah Kram Menstruasi

Bagi perempuan, kram dan nyeri saat menstruasi sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Parahnya lagi, bisa membuat perempuan tidak bisa beraktivitas. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengonsumsi gula merah karena mampu menenangkan otot rahim dan kontraksi saat menstruasi. Ditambah dengan kandungan potassium di dalamnya, mampu  meredakan rasa sakit saat kram, sehingga tubuh bisa beraktivitas normal.

18. Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Untuk menjaga kesehatan janin, gula tambahan saat hamil harus dikurangi. Bagi ibu hamil yang ingin merasakan manis, bisa menambahkan gula merah dalam minumannya. Tidak hanya sebagai penambah manis saja, mengonsumsi gula merah saat hamil bermanfaat untuk memulihkan tenaga.

Melihat bahwa gula merah kaya akan manfaat menjadikan gula merah punya peluang bisnis yang menjanjikan. Olahan gula merah saat ini tidak hanya dijual dalam bentuk padat saja tapi ada juga inovasi dalam bentuk bubuk atau serbuk yang dikenal dengan gula semut di pasaran.

Gula Semut

Bisnis Gula Merah Prospeknya Makin Menjanjikan

Saat ini permintaan pasar terhadap gula semut semakin meningkat. Mulai dari pasar lokal sampai pasar internasional. Kenapa bisa seperti itu? Gula semut semakin diminati pasar karena gula semut memang merupakan jenis gula yang lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi tubuh. Terutama bagi penderita diabetes, kolesterol, dan darah tinggi. Penggunaan konsumsi gula semut untuk orang biasa juga meningkat. Karena makin ke sini makin banyak orang yang menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang rendah gula dengan beralih ke gula semut.

Kandungan glukosa di gula semut pada dasarnya memang lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir. Gula semut biasanya dikonsumsi sehari-hari untuk pemanis minuman kopi atau teh. Selain itu gula semut juga menjadi pemanis yang sangat cocok untuk olahan minuman tradisional seperti jamu. Makin ke sini gula semut bahkan jadi campuran bahan untuk membuat aneka kue moderen.

Makin banyaknya orang yang membutuhkan gula semut terdapat peluang bisnis gula semut yang semakin lebar. Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis gula semut? Sebelum memulai bisnis gula semut ada baiknya Anda mengetahui kebutuhan mesin apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis ini. Aneka Mesin akan memberi ulasan mesin gula semut untuk Anda.

Mesin Kristalisator

Mesin kristalisator gula merah bubuk berfungsi untuk memasak gula dan membuat gula menjadi berbentuk kristal sehingga mesin ini disebut dengan mesin kristalisator gula merah bubuk.

  • Spesifikasi Mesin Kristalisator
  • Kapasitas : Kurang lebih 30 liter per proses
  • Material tabung : Dari wajan alumunium
  • Dimensi mesin : 80 cm x 70 cm x 140 cm
  • Material rangka : Besi siku
  • Penggerak : Motor listrik 0,5 HP

Mesin Penepung

Mesin penepung berfungsi untuk menepung atau menggiling gula yang ukurannya masih besar supaya menjadi butiran tepung.

  • Spesifikasi Mesin Penepung Gula
  • Model : FFC23 Stainless steel
  • Dimensi mesin : 60 cm x 40 cm x 100 cm
  • Material rangka : Besi siku
  • Material tabung : Stainless steel
  • Penggerak : Motor bensin 6,5 HP

Mesin Pengayak

Mesin pengayak gula berfungsi untuk memilah dan mensortir ukuran butiran gula supaya sama atau seragam.

  • Spesifikasi Mesin Pengayak Gula
  • Sistem : Getar
  • Dimensi mesin : 120 cm x 50 cm x 100 cm
  • Material rangka : Besi siku
  • Material kontak produk : Stainless steel
  • Ukuran mesh : 40
  • Penggerak : Motor listrik 0,5 HP

Mesin Pengering

Mesin pengering gula berfungsi untuk mengeringkan gula supaya kandungan airnya berkurang. Jika tingkat kekeringan gula semut optimal, maka produk akan lebih tahan lama.

  • Spesifikasi Mesin Pengering Gula
  • Body bagian dalam dan luar : Plat stainless steel
  • Rangka untuk rak : Stainless steel
  • Nampan : Plat stainless steel
  • Rangka mesin : Besi kotak
  • Pemanas : Kompor LPG
  • Pengatur suhu : Otomatis
  • Distribusi udara panas : Blower

Prospek bisnis gula merah dan gula merah bubuk atau gula semut memang manis sesuai rasanya bukan? Kalau Anda ingin memiliki pemahahan yang lebih lengkap terhadap pertimbangan investasi bisnis gula dengan mesin pengolah gula ini, Aneka Mesin siap sedia untuk mendampingi Anda. Silakan hubungi kontak WA di bawah ini.