Artikel

Cari Tahu Jenis Beras Sehat Yang Kaya Manfaat

Cari Tahu Jenis Beras Sehat Yang Kaya Manfaat

Jenis beras sehat pada dasarnya ada banyak yang bisa dibedakan dari warna dan bentuk berasnya. Jenis beras sehat biasanya dikonsumsi untuk orang yang sedang dalam masa diet atau memang harus memperaiki pola makan supaya lebih sehat. Kalau di Indonesia jenis beras sehat cukup beragam dan  bisa didapatkan di pasaran dalam bentuk beras kemasan.

Beras Sehat

Ada berbagai jenis beras sehat yang bagus. Di balik jenis beras sehat yang bagus tentunya ada berbagai kandungan nutrisi di dalamnya yang membuatnya dianjurkan untuk dikonsumsi guna mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Salah satu gizi yang terkandung dalam beras adalah karbohidrat. Butir karbohidrat sederhana ini melambangkan makanan, kemakmuran, keindahan, bahkan kesuburan. Menurut ahli gizi, asupan beras yang ditanak menjadi nasi dapat memberikan campuran nutrisi unggul yang dibutuhkan oleh tubuh aktif untuk menghasilkan performa terbaik.

Di balik manfaat beras untuk kesehatan ini ternyata beras juga sering dijadikan kambing hitam terhadap beberapa penyakit yang muncul seperti obesitas. Padahal beras juga memiliki beberapa jenis beras sehat yang bagus dan tidak kalah sehat dibandingkan makanan bebas gluten. Berikut ini Aneka Mesin akan mengulas beberapa jenis beras sehat yang bisa Anda konsumsi. Pada dasarnya beras-beras ini bisa didapatkan dalam bentuk kemasan beras yang biasa tersedia di retail modern atau mini market. Bahkan di pasar tradisional beberapa toko jula menjual jenis beras sehat ini. Simak ulasan selengkapnya berikut!

Jenis Beras Sehat

  1. Jenis Beras Hitam

Jenis Beras Hitam

Dilihat dari warnanya, jenis beras yang satu ini paling berbeda dengan beras lainnya. Tahukah Anda? Ternyata beras hitam akan berubah warna menjadi ungu tua setelah dimasak. Selain itu juga tidak lengket saat dimasak. Namun teksturnya sedikit pera jika dibandingkan dengan beras putih.

Meski begitu, beras hitam memiliki banyak kandungan gizi seperti vitamin E, zat antiinflamasi, dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Apabila dikonsumsi secara rutin, beras hitam pun dapat mencegah anemia, meningkatkan sistem imun tubuh, melindungi dari radikal bebas, anti-aging, dan menurunkan kolesterol maupun diabetes. Di sisi lain setiap 100 gram beras hitam mengandung 20,1 gram serat, 7 gram protein, dan 1,8 gram zat besi.

  1. Jenis Beras Cokelat

Jenis Beras Cokelat

Jenis beras cokelat merupakan beras yang diproses dengan menghilangkan kulit padinya dan tidak melalui proses yang panjang seperti beras putih. Tesktur dari beras jenis ini lebih kasar dan warnanya pun cokelat. Beras cokelat pun memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi. Di mana beras cokelat punya serat yang lebih banyak jika dibandingkan dengan beras putih. Selain itu beras cokelar terdapat kandungan fitonutrien, lemak esensial, magnesium, mineral dan vitamin.

Beras cokelat pun sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti menurunkan kadar diabetes, meminimalisir risiko kanker dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Sama halnya dengan beras merah, proses memasak beras cokelat lebih lama dari beras putih.

  1. Jenis Beras Liar

Namanya memang lumayan seram ya, tapi pada dasarnya beras liar punya bentuk yang serupa dengan beras merah. Tapi beras liar tumbuh dengan alami di hutan subtropis benua Amerika. Batang tanamannya berbentuk seperti ilalang tapi terdapat isian butir beras yang bentuknya ramping dan memanjang.

Sekarang ini beras liar bayak dibudidayakan dan diekspor ke banyak negara termasuk ke benua Asia. Kandungan nutrisi dalam beras liar ini adalah fosfor, seng, dan vitamin penguat testosteron, magnesium, dan vitamin B. Untuk teksur beras setelah dimasak menjadi nasi adalah kenyal, cita rasanya smokey atau berasap dan sedikit rasa pedas di bangian akhir. Beras ini cocok untuk dimakan bersama daging panggang. Proses dalam mengolah beras liar untuk menjadi nasi sekitar 1 jam dengan tujuan supaya tekstur gluten terurai.

  1. Jenis Beras Merah

Siapakah di antara Anda yang lebih suka mengonsumsi beras merah? Beras merah sering dimakan oleh sebagian orang dalam menjalankan program diet. Sebab beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, sehingga setelah dimakan tidak langsung diubah menjadi gula darah di dalam tubuh.

Selain itu kandungan pada beras merah ialah kaya akan serat dan nutrisi seperti antioksidan, vitamin B6 dan zat besi. Sedangkan berasnya yang berwarna merah diperoleh dari kandungan gen antosianin. Teksturnya pun lebih keras dan kasar daripada beras putih, sehingga sewaktu memasaknya butuh waktu yang lebih lama. Harga dari beras merah tentunya lebih mahal jika dibandingkan dengan beras putih.

  1. Beras Putih

Pasti sudah tidak asing lagi dengan beras putih. Beras putih memiliki lapisan kulit yang sudah dibuang sebelumnya, maka dari itu berasnya berwarna putih. Sementara itu beras putih juga mengandung serat yang lebih sedikit dari beras merah dan beras hitam. Sebab lapisan luar dan lapisan tengah yang mengandung serat tinggi pada beras putih sudah hilang akibat proses penggilingan

Tekstur beras putih saat sudah menjadi nasi adalah lembut dan pulen. Maka tidak heran kalau beras putih menjadi makana pokok kebanyakan orang Indonesia. Sebab akan cocok didampingi dengan beragam menu makanan yang kayak akan rempah. Tapi di balik kelezatannya, kandungan gizi dalam beras putih tidak terlalu tinggi. Kandungan gula di dalamnya cukup tinggi.

Beragamnya jenis beras sehat yang banyak dikonsumsi di Indonesia menjadikan bisnis beras tidak akan pernah mati. Dari hal ini bisa dilihat peluangnya untuk menjadi pelaku bisnis beras. Sebab kebutuhan masyarakat akan beras bukan berkurang justru akan terus meningkat mengingat beras adalah kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Kemasan Beras

Kemasan Beras

Seperti yang biasanya ada di minimarket atau retail modern, saat ini semua jenis beras dikemas dengan kemasan yang menarik dan bisa melindungi beras dari kontaminasi benda asing. Kegunaan kemasan pada beras bukan semata-mata sebagai wadah saja tapi juga sebagai branding produknya. Sudah ada banyak pelaku bisnis beras yang punya brand untuk beras mereka. Muali dari beras organik, kualitas premium, hingga medium dengan menyediakan kemasan yang ukurannya beragam sesuai kebutuhan konsumen. Seperti beras kemasan 1Harga kg, 3kg, 5kg, atau 10kg. Jenis kemasan beras juga beragam ada yang menggunakan zipper pouch, karung, atau plastik PE.

Untuk desain kemasan beras juga harus menarik. Gunanya untuk membranding produk beras yang Anda jual supaya melekat di benak konsumen. Mulai dari merek atau nama produk, pemilihan warna, serta pencantuman label usaha penting dalam sebuah kemasan. Berkaitan dengan kemasan beras Anda bisa berkonsultasi secara gratis dengan klik link ini!

Jadi apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis beras? Pastikan sebelum memulai bisnis beras ini modal awal yang Anda kumpulkan sudah mencukupi. Sebab untuk menyetok beras dengan beragam jenis membutuhkan modal yang memang harus dipersiapkan matang. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis Anda #NaikKelas. Kalau Anda ingin bertanya seputar mesin pengemasan bisa hubungi kontak whatsapp Aneka Mesin di bawah ini!