Mengemas Mudah Dengan Mesin Pengemas Tempe Otomatis Terbaru

Mesin pengemas tempe otomatis terbaru, merupakan mesin yang digunakan untuk proses melakukan proses pengemasan produk tempe. Dalam proses pengemasan sendiri sebenarnya tidak terfokus hanya menggunakan mesin pengemas yang otomatis saja.

Banyak juga mesin kemasan lain yang digunakan untuk melakukan proses pengemasan, hanya saja kebanyakan masih menggunakan sistem manual. Manual yang dimaksud disini adalah dalam proses pengemasannya tidak full otomatis dikerjakan oleh mesin.

Beda halnya jiga menggunakan mesin kemasan yang otomatis, dalam proses pengisian produk ke kemasan sampai pada proses sealing atau pengeleman kemasan semuanya dilakukan oleh mesin.

Berbagai macam faktor mempengaruhi kenapa harus menggunakan mesin pengemas otomatis. Namun sebelum kita membahas pada kemampuan masing mesin, kita bahas dulu mengenai produk tempe dan seberapa penting tempe dikemas dengan kemasan yang menarik.

Bahan makanan tempe memiliki banyak peminat

Tempe merupakan salah satu dari beberapa bahan pangan yang banyak diminati oleh masyarakat. Mengapa bisa demikian, karena bahan pangan tempe fleksibel dibuat menjadi berbagai macam olahan. Karena faktor tersebut baik dari anak kecil sampai orang dewasa suka akan produk tempe.

Manfaat dari tempe pun juga beragam bagi kesehatan. Berbeda dari bahan lain daging misalnya yang meskipung memiliki manfaat namun juga memiliki banyak kekurangan yang tidak bagus bagi tubuh jika dikonsumen berlebihan.

Penjualan tempe untuk saat ini sangat beragam, dari mulai pedagang keliling, pasar tradisional, sampai di swalayan juga menyediakan produk tempe ini. Namun pastinya segmen pembeli berbeda beda. Hal ini mengarah kepada kualitas dari tempe yang dijual, kualitas disini tidak hanya sekedar kualitas dari tempe saja namun juga menyangkut jenis kemasan yang dipakai.

Awalnya tempe dikemas sederhana dengan kemasan daun, namun lambat laun kemasan yang dipakai adalah plastik. Dimana kemungkinan alasan terbesarnya adalah plastik dinilai lebih mudah dicari, lebih mudah didapatkan. Apalagi dikota kota besar, besar kemungkinan harga plastik juga lebih murah dibanding harga daun untuk proses pengemasan.

Dengan bergantinya kemasan yang dipakai pastinya mengarah juga pada proses pegemasan yang berbeda pula. Yang awalnya biasa dikemas dengan daun sekarang harus berganti pada kemasan plastik, proses sealing kemasan pasti juga berbeda.

Banyak kasus proses sealing atau pengeleman pada kemasan masih secara sederhana sekali yaitu menggunakan bantuan lilin untuk melelehkan plastik dan bisa dilakukan proses pengemasan. Semakin kesini proses pengemasan pastinya tidak bisa kalau hanya menggantungkan pada konsep yang sederhana tersebut. Karena itu juga berkaitan dengan tampilan kemasan tempe yang ada.

Manfaat penggunaan mesin pengemas tempe otomatis terbaru

Perkembangan proses pengemasan ini menjadikan dibutuhkannya alat yang bisa menggantikan konsep sederhana tersebut. Yaitu alat kemasan semi manual untuk memudahkan proses pengemasan. Tetapi dengan tetap proses memasukkan bahan tempe ke kemasan masih dibantu dengan pekerja yang ada.

Dengan alat tersebut minimal bisa membuat hasil kemasan tempe menjadi lebih menarik, tidak seperti sebelumnya yang masih dibantu lilin untuk proses pengemasan. Namun berbicara mengenai kapasitas, mesin atau alat semi manual ini pastinya tidak bisa menghadirkan jumlah kapasitas yang tinggi.

Hal itu membuat ketidak cocokan semisal kapasitas yang dihasilkan cukup banyak perharinya. Maka tak ayal dihadirkannya mesin modern yang disebut mesin pembungkus tempe otomatis terbaru.

Mesin ini adalah pengembangan dari mesin semia manual yang ada. Dimana dengan mesin ini proses pengisian bahan tempe atau kedelai, dan juga proses sealing kemasan yang dilakukan sudah bisa secara otomatis dengan bantuan mesin. Pekerja cukup memasukkan bahan kedelai pada penampungan mesin yang sudah disiapkan.

Dengan mesin ini banyak sekali manfaat yang bisa dihadirkan, berikut beberapa manfaat dengan kehadiran mesin pengemas otomatis tersebut :

1. Kapasitas pengemasan

Sudah disinggung tadi dipembahasan atas, bahwa memang dengan mesin ini kapasitas yang dihasilkan memang sangat banyak. Rata – rata pengemasan yang dihasilkan bisa mencapai 20 – 30 kemasan per menitnya.

Kalau dihitung satu jam saja kapasitas sudah mencapai ribuan kemasan. Jika dibandingkan dengan pengemasan lilin ataupun mesin semi manual pastinya sangat jauh berbeda.

2. Hasil kemasan yang menarik

Hal kedua adalah soal hasil kemasan, meskipun terdengar sepele hasil kemasan sangat – sangat penting untuk diperhatikan. Karena berbicara segmen konsumen yang memang bervariasi membuat kemasan ini perlu dipertimbangkan.

Contoh sederhana adalah untuk konsumen tempe dipasar tradisional atau swlayan pastinya memperhatikan kemasan tempe yang dipakai oleh penjual. Karena dengan kemasan yang dipakai bisa menunjukan mengenai kualitas dari produk tempe yang dihasilkan.

Hal itu memberikan keyakinan serta kepercayaan bagi konsumen untuk semakin yakin dalam melakukan pembelian.

3. Kemudahan pengemasan

Selanjutnya adalah soal kemudahan dalam proses pengemasan, bila dibandingkan sistem pengemasan yang manual proses pengemasan dengan mesin otomatis pastinya sangat berbeda. Dimana dalam proses pengemasan dengan mesin otomatis semuanya sudah dilakukan oleh kinerja mesin yang ada. Mengurangi jumlah keperluan pekerja untuk menangani proses pengemasan.

4. Mengurangi ketergantungan pekerja

Hal terakhir mungkin yang perlu dibahas juga adalah soal ketergantungan pekerja untuk proses pengemasan. Dimana dengan kehadiran mesin tersebut, ketergantungan jumlah pekerja pastinya akan berkurang.

Yang biasanya jumlah pekerja untuk melakukan proses pengemasan cukup banyak, saat ini minimal dua orang untuk melakukan proses pengemasan sudah lebih dari cukup.

Maka tak ayal hal ini juga menjadi salah satu pertimbangan mengapa memilih mesin packing otomatis untuk pengemasan tempe.

Tepat memilih produsen mesin yang berpengalaman

Diatas adalah beberapa alasan yang biasa dipertimbangkan oleh pelaku usaha untuk memilih mesin pembungkus otomatis tempe ketimbang hanya menggunakan alat yang semi manual. Dan untuk memilih mesin kemasan otomatis pastinya juga perlu ketelitian.

Memilih produsen yang sudah berpengalaman merupakan sebuah keharusan. Agar mesin yang ada memiliki kualtias yang bagus. Baik dari segi material yang digunakan, ketahanan mesin, dan juga kinerja mesin yang dihasilkan.

Semuanya sangat tergantung pada produsen mesin memang sudah berpengalaman dalam membuat mesin packing otomatis. Baik itu untuk produk powder, liquid, maupun pengkhususan pada produk tempe.

Karena penyesuaian pembuatan mesin berdasarkan produk apa yang dikemas sangat mempengaruhi kinerja dari mesin packing yang ada. Hal lain yang tidak kalah penting adalah soal layanan purna jual. Jangan sampai dalam membeli mesin tersebut mengabaikan layanan purna jual.

Layanan purna jual sangat penting untuk memberikan kenyamanan dan juga keamanan jika sewaktu – waktu mesin menalami kendala. Produsen mesin akan memberikan solusi, baik itu service mesin secara online maupun offline dan juga support penggantian part pengganti jika dibutuhkan.

Dengan begitu pelaku usaha akan merasa nyaman dalam penggunaan mesin pengemas tempe sebagai upaya untuk membantu dalam proses pengemasan produk tempe.

Sekian sekiranya pembahasan mengenai berbagai macam kemudahan dalam mengemas produk tempe dengan bantuan mesin pengemas otomatis. Pastinya lebih memberikan banyak manfaat dibandingkan dengan mesin pengemasan semi manual. Bahkan dibanding pengemasan dengan bantuan lilin.

Tinggalkan komentar