Artikel

Yuk Jangkau Semua Kalangan dengan Usaha Bawang Goreng!

ragam-kemasan-bawang-goreng-sesuai-segmentasi-pasar

Bawang goreng merupakan olahan pangan dari bawang merah yang banyak dihasilkan di beberapa daerah, salah satu yang terkenal adalah kabupaten Kuningan. Walaupun daerah ini bukan sentra pertanian bawang, namun UKM bawang goreng tumbuh subur. Mereka mengambil hasil panen dari daerah lain, yaitu sentra petani bawang di kabupaten Brebes.

Industri bawang goreng skala menengah di kabupaten Kuningan sendiri sudah mencapai belasan. Mereka memenuhi atau menyuplai kebutuhan akan bawang goreng untuk industri besar, maupun langsung ke konsumen dengan skala kecil di pasar. Ada banyak ragam kemasan bawang goreng, yang disesuaikan dengan segmentasi pasar yang dituju, kemasan besar, sedang, ataupun kecil. Dari kemasan karung, kardus, toples, standing pouch, sampai sachet.

Segmentasi pasar memang harus diperhitungkan dalam penjualan, disesuaikan dengan konsumen yang dituju, yang berpotensi membeli produk. Mengenai segmentasi ini, diupayakan dengan memperbanyak ragam kemasan. Kemasan karung dan kardus ditujukan untuk konsumen skala besar, perusahaan besar, restoran, katering, hotel dan lain-lain. Kemasan toples untuk konsumen menengah, seperti warung dan toko. Sedangkan kemasan sachet untuk konsumen skala kecil, biasanya untuk konsumsi pribadi.

bawang-goreng

Kemasan eksklusif, untuk pembeli menengah ketas,kemasan biasa untuk konsumen mennengah kebawah,dan lain sebagianya. Kenapa ada kemasan eksklusif, dengan material kemasan dan desain berkelas? ya karena konsumen kelas atas cenderung menilai dari penampilan yang kasat mata, untuk pertama dilihat, itulah kesan yang menentukan produk seperti apa yang ada dihadapan mereka. Jadi bukan sekedar isi, jumlah, dan kegunaaan saja.

Pengemasan bawang goreng bisa dilakukan dengan cara-cara manual maupun dengan mesin otomatis. Cara -cara manual yang dimaksud disini yaitu masih menggunakan tenaga manusia, artinya kemungkinan produk terjadi kontak dengan tangan manusia masih besar.

Sedangkan jika pengemasan dengan mesin, bisa meminimalkan kontak tangan dengan produk langsung. Kelebihan pengemasan dengan mesin packing bawang goreng yang lain adalah, lebih cepat dalam proses kemasnya, jika dibandingkan dengan cara manual, untuk itu cocok sekali digunakan dalam pengemasan produk dengan produks sekala besar, atau produksi masal.

Bagi anda yang memiliki atau ingin merintis usaha bawang goreng skala besar, anda wajib memiliki sarana-prasarana penunjang yang baik. Pastikan mesin pengemas otomatis anda dapatkan di anekamesinpengemas.com yang teruji berkualitas tinggi dengan harga bersaing. Untuk Informasi mengenai mesin pengemas bawang goreng, bisa klik tautan berikut: Aneka Mesin. Anda juga bisa menonton video bagaimana mesin pengemas bawang goreng bekerja pada tautan berikut: mesin pengemas bawang goreng.

Sumber