Blog

Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar Di Indonesia

Tanaman kelapa sawit yang ada di Indonesia pada dasarnya memang jumlahanya ribuah hektar, perkebunan kelapa sawit ini sangatlah cocok jika dikembangkan di wilayah-wilayah tropis, khususnya di Indonesia dan Malaysia. Adapun berbegai masalah tanaman kelapa sawit di Indonesia salah satunya adalah soal harga yang dinilai kurang stabil, meskipun demiikian penting untuk diketahui pembaca mengenai daerah atau wilayah mana saja yang menjadi penghasil kelapa sawit.

Berikut inilah daftar daerah dengan penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia;
Provinsi Riau
Riau memang menjadi salah satu Provinsi di Pulau Sumatra yang menjadi daerah dengan penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia, setiap tahunnya kelapa sawit di provinsi ini memang terus bertambah, bahkan setiap tahun wilayah Riau selalu terjadi kebakaran yang banyak disebabkan karena adanya pembahakan hutan karena perluasan lahan perkebunan kelapa sawit.
Provinsi Sumatra Utara
Provinsi yang menjadi penghasil tanaman kelapa sawit yang terbesar ke-2 di Indonesia masih berada di Pulau Sumtra, tepatnya berada di Sumut (Sumatra Utara) yang ibukotanya berada di Kota Medan. Luas perkebunan kelapa sawit di Sumatra Utara mencapai 700 Ratus hektar pada tahun 2012.
Provinsi Sumatra Selatan
Sumsel yang terkenal salah satu hasil pertaniannya adalah kelapa sawit, provinsi ini menjadi daerah dengan penghasil kelapa sawit terbesar ke-3 di Indonesia, wilayah-wilayah dengan penghasil perebunan kelapa sawit di Sumsel khususnya berada di Kabupaten OKI, OKU, dan Kabupaten Lahat.
Kalimantan Tangah
Provinsi dengan penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia yang selajutnya di bahas berada di Pulau Kalimantan, yakni Provinsi Kalimantan Tengah. Daerah-daerah di Kalimantan memang sangat dekat dengan Negara Malaysia hal inilah barangkali menjadi alasan mengenai banyaknya kelapa sawit di wilayah Kaliamntan Tengah.
Provinsi KALBAR (Kalimantan Barat)
Daerah dengan penghasil tanaman kelapa sawit selajutnya adalah di Kalimantan Barat, yang Ibukotanya berada di Pontianak. Daerah Kalbar memang memiliki postensi perkebunan kelapa sawit yang tinggi, salah satu penyebabnya karena wilayah ini berbatasan dengan Negara Malayisia.
Provinsi Sumatra Barat
Sumber juga menjadi daerah dengan perkebunan kelapa sawit yang besar, khususnya daerah perkebunan kelapa sawit di Sumber terdapat di wilayah-wilayah pedesaan.
Sulawesi
Pulau Sulawesi memang menjadi salah satu pulau yang banyak juga memiliki tanaman kelapa sawit, meskipun demikian untuk jumlah dan juga luas lahannya masih kalah dengan provinsi yang ada di Sumatra dan Kaliamantan.

Produk kelapa sawit yang utama adalah minyak goreng atau palm oil,yang merupakan pemasok minyak goreng utama di dunia. Biasanya dipasaran dapat dijumpai dalam kemasan boto,jerigen,standing pouch,maupun sachet bantal. Aneka Mesin produsen dan penyedia mesin -mesin pengemas menyediakan mesin pengemas dan filling minyak goreng.