Blog

Lima Manfaat Mengejutkan Merica Untuk Otak

merica-gmbr

Merica atau lada menjadi salah satu rempah-rempah yang paling familiar ditambahkan di masakan. Rasanya yang khas membuat masakan menjadi lebih bercitarasa. Tanaman ini akan mulai menampakkan bunga berkerumun putih kecil setelah usianya mencapai 3 sampai 4 tahun.

Di dunia masak memasak, lada sering juga dikenal The King of Spice (Raja Rempah-rempah). Pada umumnya kita mengenal dua jenis lada, lada hitam dan lada putih. Merica atau lada ini mengandung senyawa kimia yang dapat mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit dan menjaga kesehatan.

Berikut  5 manfaat dari merica:

1. Melawan depresi

Seorang yang sedang merasa sedih atau depresi pada umumnya kekurangan serotonin. Sedangkan piperine yang terkandungd dalam merica akan membantu otak untuk memproduksi hormon ini.

2. Mengurangi risiko kejang

Dalam penelitian yang dilakukan dalam Biological and Pharmaceutical Bulletin pada tahun 2010 menunjukkan kalau piperine dapat mengontrol aliran kalsium yang mengakibatkan sel-sel saraf melepaskan neurotransmitter yang memicu terjadinya kejang.

3. Memulihkan stroke

Penelitian dalam Journal of American Geriatric Society menunjukkan kalau dengan menghirup aroma merica bisa mengaktifkan bagian otak manusia yang berfungsi untuk menelan.

Penelitian ini dilakukan kepada penderita stroke yang mengalami kesulitan menelan pada saat terserang penyakit.

4. Mencegah penyakit parkinson

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Desember 2012, piperine dapat menghentikan enzim yang menghancurkan dopamin.

Pada penderita Parkinson, dopamin yang merupakan neurotransmitter memiliki jumlah sedikit.

5. Menurunkan risiko alzehimer

Masih dalam sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2012, Journal of Alzheimer Disease menemukan kalau kebiasaan menggunakan merica (merica hitam) pada masakan dapat membantu menurunkan risijo tekanan penyakit alzheimer.

Mesin Pengemas Merica Bubuk Otomatis

Sumber