Artikel

Mesin Pengemas Otomatis Rekondisi

mesin-pengemas-otomatis

Mesin pengemas otomatis rekondisi dan beberapa kelemahannya yang harus Anda pahami sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Banyaknya permintaan akan mesin pengemas otomatis membuat beberapa produsen mesin atau penyedia mesin packing otomatis bermunculan. Demi mendapatkan konsumen, beberapa penjual mesin pembungkus otomatis memberikan harga mesin yang sangat murah. Bahkan beberapa penjual mesin packing otomatis menjual dengan harga tidak wajar. Mesin packaging yang banderol dengan harga murah tersebut ternyata mesin packing otomatis rekondisi. Mesin pengemas otomatis rekondisi memang harganya sangat murah, akan tetapi ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli mesin pengemas otomatis rekondisi.

 

Banyak penjual mesin pengemas otomatis second yang tidak memberikan informasi yang lengkap kepada konsumennya. Mesin yang dari segi bentuk dan tampilannya kelihatan baru, faktanya mesin rekondisi yang sudah dipoles. Mesin packaging otomatis rekondisi tersebut banyak diambil dari mesin bekas pabrikan yang suda tidak layak pakai. Mesin pembungkus rekondisi tersebut biasanya dijual oleh pabrikan besar dengan harga sangat murah kepada toko atau penjual mesin packaging otomatis. Mesin pengemas second tersebut kemudian dilengkapi part-partnya sehingga dapat digunakan. Tidak semua bagian mesin kemasan diganti. Yang benar-benar rusak saja. Selebihnya dipoles agar terlihat seperti mesin baru.

 

Harga mesin kemasan yang murah tersebut tidak dibarengi dengan kualitas produk dan layanan purna jual yang prima. Banyak diantara pembeli mesin packaging pemula yang berorientasi hanya pada harga murah semata. Kualitas produk dan layanan purna jual tidak menjadi penting ketika dihadapkan pada pilihan harga yang istimewa. Banyak konsumen yang mengeluhkan tentang ketersediaan suku cadang mesin. Konsumen juga tidak teliti dan jeli dalam membeli mesin. Yang terpenting harga mesin murah. Ada juga konsumen mesin packing otomatis yang kesulitan menghubungi toko atau penjual mesin kemasan tersebut. Jangankan untuk mendapatkan layanan purna jual, penjual mesin pun sudah tidak dibisa dihubungi.

 

Beberapa kelemahan mesin pengemas otomatis rekondisi yang perlu Anda ketahui :

1. Umur Mesin Packaging 

Ketika Anda memutuskan untuk membeli mesin kemasan otomatis second, maka penjual mesin jarang sekali memberikan informasi lengkap terkait dengan waktu pembuatan mesin yang dijual. Mesin yang kelihatan bagus tersebut, belum tentu umurnya kurang dari satu tahun, dua 2 tahun, atau tiga tahun. Karena sebelumnya mesin tersebut sudah digunakan oleh konsumen lain dalam waktu yang lama. Berapa lama penggunaan pada konsumen pertama, tentu informasi yang kita dapatkan tidak valid. Anda tahu kan kalau mesin packaging otomatis tidak memiliki BPKB seperti halnya kendaraan. Sehingga informasi dari penjual mesin tidak semuanya lengkap terkait waktu penggunaan mesin sebelumnya. Tidak hanya karena penjual mesin tidak mau memberikan informasinya. Bisa saja penjual mesin kemasan sekond tersebut pun, tidak mendapatkan informasi mengenai lamanya waktu penggunaan mesin pada konsumen sebelumnya.

Waktu penggunaan mesin sangat menentukan performa mesin dan ketahanan mesin. Ada beberapa bagian dari mesin packaging harus diganti pada waktu tertentu. Kalaupun mesin masih bisa digunakan, namun kecepatan dan performanya biasanya sudah menurun dalam waktu tertentu. Pabrikan besar menjual mesin kemasan biasanya karena performanya sudah mulai menurun atau sering rewel. Dari pada habis energi mengganti suku cadang, maka mesin yang sudah berumur tua tersebut dilego dengan harga murah. Mesin packing otomatis yang dari pabrikan inilah yang kemudian banyak dijual dipasaran.

 

2. Tidak Memiliki Layanan Teknis 

Layanan teknis mesin sangat penting bagi konsumen. Bayangkan saja kalau Anda membeli mobil mewah dan keren tapi penjual mobil tersebut tidak menyediakan layanan teknis untuk mobil idaman Anda. Bagiamana kalau terjadi sesuatu pada mobil Anda, pastinya anda akan berkonsultasi pada penjuala atau dealer mobil Anda. Demikian halnya ketika anda membeli mesin pengemas otomatis, maka harus memastikan bahwa Anda mendapatkan layanan teknis untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada konsumen. Percuma Anda memiliki mesin yang istimewa sekalipun, jika suatu saat terjadi kerusakan atau sesuatu yang tidak sesuai dengan yang diharapkan Anda tidak tau harus menghubungi siapa atau berkonsultasi dengan siapa? Penjual mesin pembungkus otomatis bekas, biasanya tidak menydiakan layanan teknis. Jika terjadi kerusakan pada mesin pengemas kesayangan Anda, Andalah yang bertanggung jawab menangani mesin tersebut atau mencari sendiri perusahaan yang bisa membantu memberikan solusi atas permasalahan teknis yang Anda hadapi.

 

3. Tidak Menyediakan Suku Cadang Mesin Packaging 

Setiap barang atau produk yang kita beli pasti ada umur penggunaannya. Misalnya saja Anda membeli smartphone, maka kita harus memastikan bahwa HP tersebut memiliki ketersediaan suku cadang. Bisa saja karena sesuatu hal ada komponen atau bagian dari HP Anda terjadi kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik. Solusinya tidak harus ganti HP. Anda bisa memperbaiki kompenen dari HP Anda yang rusak.

Betapa besarnya biaya yang dikeluarkan, jikalau setiap terjadi kerusakan mesin pacakging Anda, maka harus membeli mesin kemasan otomatis yang baru. Padahal mesin kemasan Anda hanya terjadi sedikit kerusakan pada komponen kecil yang terdapat pada mesin Anda. Sayangnya banyak dari penjual mesin packaging bekas tidak menyediakan suku cadang atas mesin yang mereka jual. Tidak sedikit pengguna mesin packing bekas yang menghubungi Aneka Mesin untuk meminta bantuan untuk memperbaiki dan mengganti komponen mesin kemasan idamannya. Ketika kami menanyakan kenapa tidak menghubungi penjual mesinnya, konsumen tersebut rata-rata mempunyai jawaban yang sama yaitu penjual mesin tidak bisa dihubungi.

Haruskah Anda membeli mesin kemasan otomatis baru, setiap kali mesin Anda mengalami masalah? Tentu saja tidak. Betapa besar biaya yang Anda alokasikan, jika hanya karena masalah sepele Anda tidak bisa berproduksi karena salah satu mesin kemasan Anda bermasalah. Waktu Anda habis terbuang untuk mencarikan produsen mesin packaging yang mampu memperbaiki dan menyediakan komponen mesin pembungkus otomatis Anda.

 

4. Tidak Mempunyai Layanan Maintenance Berkala

Untuk memastikan mesin pengemas otomatis Anda berjalan dengan baik, maka perlu dilakukan pengecekan atau pemeliharaan secara berkala. Seperti halnya kendaraan, kalau kita hanya menggunakan saja, tanpa pernah menservice secara berkala atau mengganti olinya, maka lambat laun kendaraan kita pun tidak awet, bahkan sering mogok. Toko atau penjual mesin pengemas rekondisi biasanya tidak menyediakan layanan maintenance secara berkala. Penjual mesin kemasan otomatis seken hanya menjual mesin secara putus. Kebanyakan dari penjual mesin packaging second tidak memiliki program maintenance mesin kepada konsumen. Jika terjadi sesuatu pada mesin, biasanya konsumen sendirinya yang mencarikan solusinya.

Demikian ulasan mengenai kelemahan mesin packing otomatis rekondisi. Jika Anda memutuskan untuk memilih mesin packaging sekond untuk usaha Anda, maka Anda harus mengetahui keuntungan dan kelemahannya sebelum Anda membelinya. Lebih baik Anda berkonsultasi pada orang-orang yang punya pengalaman menggunakan mesin pembungkus rekondisi atau produsen mesin terpercaya. Sebelum Anda menyesal dikemudian hari. Jika Anda mempunyai kebutuhan atau ingin berkonsultasi mengenai mesin packaging otomatis, silahkan hubungi anekamesinpengemas.com.