Artikel

Walikota Bandar Lampung Bantu UKM Soal Kemasan Produk

KEMASAN UKM LAMPUNG
Pelaku UKM menjadi salah satu tulang punggung perekonomian rakyat. Disadari atau tidak, peranan UKM memiliki kontribusi besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Dewasa ini, banyak daerah yang meningkatkan potensi dan produktivitasnya dari produk-produk UKM yang menjadi ciri khas dari wilayah tersebut, termasuk Kota Bandar Lampung.
Pemerintah kota Bandar Lampung saat ini mulai gencar untuk meningkatkan potensi dan produktivitas para pelaku UMKM didaerahnya. Walikota Bandar Lampung Herman HN menyampaikan bahwa permasalahan UKM di wilayahnya masih agak tersendat.
Oleh sebab itu, dirinya berusaha membantu para pelaku UKM yang ada di daerahnya. Dirinya melihat potensi pelaku UKM saat ini sangat besar.
“Potensi produk sangat besar. Masalahnya, membantu bagaiman produk tersebut bisa dipasarkan,” imbuh Herman.
Pemerintah Kota Bandar Lampung berusaha membantu memasarkan produk-produk tersebut ke berbagai provinsi. Menurut Herman, hal ini sedikit banyak sudah membantu proses pemasaran dari produk para pelaku UKM tersebut. Namun, Herman melihat masih ada beberapa produk yang sebenarnya asal Bandar Lampung tapi masyarakat mengenalnya sebagai produk daerah lain.
Satu contoh, teri Medan. Herman mengatakan teri Medan sebenarnya asalnya dari Pulau Pasaran di Lampung. Menurutnya masih banyak hal yang harus dibenahi terkait dengan salah persepsi ini.
“Mungkin secara kemasan kurang baik sehingga ke depannya kami akan benahi masalah kemasannya,” tutup Herman.