Blog

7 Desain Kemasan Saus Sambal yang Trendy

contoh-kemasan-sachet-sambal-bali-chili-factory

contoh-kemasan-sachet-sambal-bali-chili-factory

Kecintaan orang Indonesia pada makanan serba pedas ternyata menjadi satu alasan mengapa industri saus sambal di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Bahkan bisa dikatakan hampir semua kuliner nusantara terasa semakin nikmat jika ditambahkan dengan sensasi saus sambal. Contohnya seperti bakso, mie ayam, siomay, dan lain sebagainya.

Tapi tahukah kamu, saking banyaknya industri rumahan atau UKM yang memproduksi saus sambal kemasan, sekarang ini tidak hanya kualitas rasa pedasnya saja yang diperhatikan calon konsumen. Beberapa konsumen bahkan sengaja memilih saus sambal dengan kemasan paling apik, karena saking bingungnya memilih produk saus yang ada di pasaran.

Sayangnya, tidak semua pelaku industri memahami pentingnya peran kemasan produk. Padahal sekarang ini fungsi kemasan produk tidak hanya sebagai pembungkus saja, tapi juga sebagai alat promosi untuk memenangkan hati calon pelanggan.

Alhasil sampai saat ini masih banyak kemasan saus sambal yang tampilannya kurang menarik, bahkan ada beberapa diantaranya yang hanya menggunakan kantong plastik bening dan ditempel stiker merek.

Untuk itu, pada postingan kali ini Dikemas.com ingin memberikan 7 ide desain kemasan saus sambal yang menjual, agar produk yang kamu pasarkan tak kalah bersaing dengan produk kompetitor yang ada di pasaran.

1. Kemasan Saus Sambal Bantal

Kemasan model bantal dengan tampilan bening ini paling sering digunakan pelaku industri saus sambal skala rumahan yang menyasar pasar tradisional maupun pelaku bisnis kuliner yang produksinya membutuhkan saus sambal kapasitas besar. Karena harga jual saus sambal tersebut dibandrol di pasaran cukup murah, umumnya kemasan yang digunakan hanya plastik bening dengan tempelan stiker merek.

Saus sambal prima agung

2. Kemasan Saus Sambal Sachet Three Side Seal

Kemasan saus sachet model three side seal seperti ini paling sering kita temui di pasaran. Umumnya jenis kemasan yang digunakan bahan metalize dengan desain full warna, sehingga produk saus sambal di dalamnya tidak terlihat. Contohnya seperti kemasan saus sachet dengan merek Dua Belibis ini.

Kemasan saus sachet

3. Kemasan Saus Sambal Sachet Center Seal

Bagi pelaku industri saus sambal yang ingin menampilkan dua desain berbeda pada satu kemasan saus sachet, bisa memilih model center seal seperti kemasan sambal Bali Chili Factory ini. Pada bagian depan kemasan ditampilkan logo merek, varian sambal, dan gambar ilustrasi. Sedangkan pada bagian belakang menampilkan informasi komposisi, dan contact person produsen.

Contoh kemasan sachet sambal bali chili factory

4. Kemasan Luar Saus Sambal Del Monten

Selain mempercantik kemasan sachet, kamu juga bisa meniru ide saus sambal Del Monte yang membuat kemasan luar dengan bentuk kemasan bantal center seal untuk mengemas 24 sachet saus di dalamnya. Karena fungsi kemasan luar hanya untuk membungkus sambal sachet di dalamnya, bahan yang digunakan bisa lebih murah seperti misalnya plastik PP, PE, PET, nylon, dan lainnya dengan desain senada seperti kemasan sachet di dalamnya.

Kemasan saus sambal del monte

5. Kemasan sambal terasi ABC

Untuk membedakan kemasan saus dan sambal asli, produsen ABC sengaja membuat kemasan sambal dengan ukuran yang berbeda. Meski sama-sama model three side seal, bentuknya lebih besar (karena isinya juga lebih banyak) dan biasanya dipasarkan ke kalangan masyarakat luas dalam bentuk rentengan.

Kemasan sachet sambal terasi ABC

6. Kemasan Zhaos Tomato Paste

Model kemasan saus seperti ini biasanya diproduksi dalam bentuk kantong dan direkatkan dengan sealer di bagian atas kemasan. Umumnya kemasan seperti ini bentuknya cukup unik dengan desain menarik, cocok bagi pelaku industri yang ingin menyasar pasar ritel modern.

Kemasan saus tomato paste

7. Kemasan saus stand pouch

Terakhir, model kemasan saus yang bisa kamu gunakan untuk membidik pasar ritel modern adalah jenis stand pouch dengan tutup praktis seperti contoh kemasan Chatpata Snack Sauce ini.

 

Kemasan saus stand pouch

Jadi, kamu mau pilih yang mana? Pastikan model kemasan yang kamu pilih sesuai dengan target pasar yang akan dibidik. Selamat berkarya!

SUMBER