Haruskah Kemasan Pangan Diberi Label Date Coding?

Kebutuhan pokok manusia adalah kebutuhan pangan selain sandang papan. Barang – barang kebutuhan pokok ini sangat macam jenisnya, mulai dari beras, sayuran, lauk – laukan dan lain sebagainya. Saat ini sudah banyak kebutuhan pokok yang dijual di toko – toko ataupun diwarung – warung milik tetangga. Kebutuhan akan produk – produk ini memang sangatlah penting bagi rumah tangga. Setiap hari kita mengkonsumsi makanan untuk keberlangsungan hidup. Karena menjadi kebutuhan pokok, banyak pelaku usaha bisnis terjun dibidang ini. Tetapi yang menjadi pembeda terkadang adalah cara dalam mengemas suatu produk. Banyak memang para pelaku usaha dibidang ini sehingga menelurkan banyak pemain baru. Tapi dengan cara pengemasan yang berbeda – beda. Nah kali ini penulis akan mengajak berdiskusi sedikit mengenai haruskah kemasan pangan diberi label date coding?

Apa itu date coding? Date coding adalah label kadaluarsa yang ada pada kemasan suatu produk. Label ini bisanya mencantumkan sampai tanggal berapa produk ini layak dikonsumsi. Nah dari sini saja sudah jelas seberapa pentingnya penggunaan date coding kan temen – temen? “Ah ini gak ngefek ke produkku”. Eitss jangan salah lho ya. Jadi gini, ada dimana perilaku konsumen adalah membaca kadaluarsa. Apalagi ini produk pangan. Jika di rak toko ada produk yang sam dengan merk yang berbeda, yang satu ada tanggal kadaluarsanya dan yang satu tidak, maka pembeli cenderung akan memilih produk yang ada tanggal kadaluarsanya. Karena merasa nyaman jika mengkonsumsi dengan mengetahui kapan sebaiknya produk ini dikonsumsi. Ini adalah salah satu aspek dalam kemasan yang harus diperhatikan ya temen – temen. Apalagi ini yang dijual produk pangan. Yang mana mesti mesti memiliki waktu yang baik untuk dikonsumsi. Nah jika sudah begini, akan berpengaruh pada apa hayo? Yap. Penjualan. Jika produkmu tidak diberikan informasi yang lengkap, maka bukan tidak mungkin produkmu akan kalah dengan pesaing yang lain.

Mungkin cukup sekian artikel kali ini tentang “Haruskah Kemasan Pangan Diberi Label Date Coding?”. Jika ada hal yang ingin didiskusikan bisa melalui kolom komentar dibawah ya. Terima kasih telah mampir membaca. Sampai bertemu diartikel – artikel selanjutnya. Sukses selalu.

Tinggalkan komentar