Artikel

Bisnis Gula Merah Prospeknya Makin Menjanjikan

Bisnis Gula Merah Prospeknya Makin Menjanjikan

Bisnis gula merah saat ini makin menjanjikan. Sebab sekarang ini kebanyakan masyarakat lebih menyukai pemanis alami. Beberapa tempat di Indonesia bahkan sudah menunjukkan makin bersinarnya bisnis gula merah ini. Gula merah yang menjadi salah satu bagian dari Sembako atau sembilan bahan pokok adalah kebutuhan pangan utama manusia. Maka dari itu bisnis gula merah adalah salah satu peluang usaha yang akan menjadi investasi jangka panjang.

Lagi pula tidak aka nada salahnya untuk memulai sebuah bisnis dengan menjual gula merah. Prospeknya juga tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari modal yang kecil hingga modal yang besar bisa Anda mulai untuk berbisnis gula merah yang menjanjikan ini.

Pemanis Alami Gula Merah

Sampai saat ini gula merah masih menjadi pilihan utama pemanis yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Masa depan usaha gula merah masih tetap bagus. Selain bahan utama yang diperlukan dalam pembuatan gula merah ini mudah untuk didapatkan, pembuatannya juga tidak terlalu rumit. Apa lagi didukung dengan semakin meningkatnya permintaan pasar pada gula merah ini. Saat ini permintaan gula merah bubuk sangat tinggi dibandingkan dengan permintaan gula merah cetakan dengan bentuk silinder.

Dengan segala bentuk kesibukan yang beraneka ragam, maka masyarakat sangat mengedepankan kemudahan yang nantinya dapat membuat mereka tidak merasa repot. Begitu juga dalam memenuhi kebutuhan pokoknya sehari-hari, seperti kebutuhan gula merah sebagai salah satu bahan pokok untuk pemanis.

Dari segi penyimpanan untuk gula merah cetakan yang bulat atau berbentuk silinder ketika tidak tepat dalam cara penyimpanannya, maka akan mudah rusak dan berkurang ketahanannya. Sedangkan pada gula merah bubuk akan lebih praktis penyimpanannya. Karena apabila menggunakan teknik penyimpanan yang tepat, maka gula merah bubuk atau serbuk akan awet dalam penyimpanan hingga mencapai 20 tahun. Dalam catatan gula merah bubuk dikemas dengan kemasan yang sesuai. Bisa dengan kemasan ukuran gram atau kemasan stik.

Peluang Bisnis Gula Merah

Perbedaan Gula Semut Dengan Gula Lain

Persaingan di pasaran juga semakin dipermudah dan terbantu dengan kian meningkatnya harga si gula putih. Dimana dengan berjalannya waktu, maka masyarakat bisa beralih pada pilihan gula merah sebagai bahan pemanis pokok untuk kehidupan sehari-hari. Dengan ini Anda bisa memanfaatkan peluang usaha gula merah yang pastinya menjanjikan seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa gula merah menjadi pemanis alami yang makin digemari masyarakat dibandingkan dengan gula pasir.

Selain itu Anda juga dapat melihat sendiri bahwa masih sedikit tingkat persaingan para pengelola usaha gula merah ini. Dengan demikian Anda dapat menekuni peluang usaha manis yang satu ini yang dalam jangka panjang tentu akan makin menjanjikan jika dikeloa dengan tepat. Untuk menjalankan bisnis gula merah dari segi pembiayaan untuk berjalannya bisnis manis satu ini juga didukung dengan beberapa kemudahan yang sepertinya sulit untuk bisa Anda dapatkan dari peluang usaha lainnya.  Bisnis ini termasuk UMKM khas indonesia. Kredit murah seperti KUR dari Bank BUMN bisa didapat dengan lebih mudah. Anda juga bisa mengajukan ke program pinjaman modal dari Kementerin Koperasi dan UMKM.

Masyarakat yang membutuhkan gula merah begitu luas maka jumlah produksi juga harus disesuaikan. Ditunjang dengan pengerjaan serta pengolahan gula merah yang mudah. Proses pembuatan yang cepat juga menjadi salah satu keuntungan dari bisnis manis gula merah ini.  Bukan hanya itu, sebagai prospek bisnis yang menjanjikan ini gula merah juga menjadi sumber investasi masa depan, karena apabila Anda mampu memulainya saat ini, maka Anda telah memiliki bisnis yang nantinya akan dapat diteruskan oleh anak-cucu Anda. Hal ini tetap didasari dengan keyakinan serta ketekunan yang tidak pernah lalai serta takut dalam bekerja keras.

Cara Memulai Bisnis Gula Merah

Untuk memulai bisnis gula merah ini modalnya terbilang sedikit. Anda membutuhkan setidaknya Rp 1 juta – Rp 3 juta sebagai awalan memulai bisnis gula merah. Berikut rinciannya

Kompor gas                                   = Rp 300.000
Penggorengan dan Panci              = Rp 200.000
Peralatan                                        = Rp 500.000
Meja dan kursi                               = Rp 800.000
Cetakan gula dari kayu                  = Rp 200.000
Total modal                                    = Rp 2.000.000

Bisnis gula merah ini bisa dikatakan mudah untuk dimulai. Alat yang dibutuhkan tidak banyak. Tutorial untuk  membuatnya pun banyak ditemukan di internet. Anda bisa membuat gula merah dari bahan nira ataupun kelapa. Untuk tahapan pembuatannya mulai dari menyadap air aren di pagi hari, menyiapkan pembakaran, memasak air aren dengan wajan, dan menaruh hasil olahan ke cetakan.

Tapi tahapan itu akan berbeda ketika Anda akan berinovasi dalam bisnis gula merah ini. Yaitu dengan memproduksi gula merah bubuk. Atau orang juga biasa menyebutnya dengan gula semut. Prospek untuk produk gula merah bubuk akan lebih luas dan menjanjikan. Sebab pasarnya bukan hanya dalam skala lokal saja tapi juga internasioal.

Mesin Gula Merah Bubuk

Maka dari itu Anda memerlukan teknologi tepat guna untuk bisa memproduksi gula merah bubuk yang berkualitas. Mulai dari pembuatan bubuk gula sampai pengemasan gula merah bubuk akan lebih efektif ketika menggunakan teknologi tepat guna. Aneka Mesin dapat membantu bisnis gula merah Anda supaya bisa memproduksi gula semut yang berkualitas.

Sebelum memulai bisnis gula merah bubuk ini ada baiknya Anda mengetahui kebutuhan mesin apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis gula merah. Aneka Mesin akan memberi ulasan mengenai mesin gula merah bubuk untuk Anda.

Mesin Kristalisator

Mesin kristalisator gula merah bubuk berfungsi untuk memasak gula dan membuat gula menjadi berbentuk kristal sehingga mesin ini disebut dengan mesin kristalisator gula merah bubuk.

  • Spesifikasi Mesin Kristalisator
  • Kapasitas : Kurang lebih 30 liter per proses
  • Material tabung : Dari wajan alumunium
  • Dimensi mesin : 80 cm x 70 cm x 140 cm
  • Material rangka : Besi siku
  • Penggerak : Motor listrik 0,5 HP

Mesin Penepung

Mesin penepung berfungsi untuk menepung atau menggiling gula yang ukurannya masih besar supaya menjadi butiran tepung.

  • Spesifikasi Mesin Penepung Gula
  • Model : FFC23 Stainless steel
  • Dimensi mesin : 60 cm x 40 cm x 100 cm
  • Material rangka : Besi siku
  • Material tabung : Stainless steel
  • Penggerak : Motor bensin 6,5 HP

Mesin Pengayak

Mesin pengayak gula berfungsi untuk memilah dan mensortir ukuran butiran gula supaya sama atau seragam.

  • Spesifikasi Mesin Pengayak Gula
  • Sistem : Getar
  • Dimensi mesin : 120 cm x 50 cm x 100 cm
  • Material rangka : Besi siku
  • Material kontak produk : Stainless steel
  • Ukuran mesh : 40
  • Penggerak : Motor listrik 0,5 HP

Mesin Pengering

Mesin pengering gula berfungsi untuk mengeringkan gula supaya kandungan airnya berkurang. Jika tingkat kekeringan gula semut optimal, maka produk akan lebih tahan lama.

  • Spesifikasi Mesin Pengering Gula
  • Body bagian dalam dan luar : Plat stainless steel
  • Rangka untuk rak : Stainless steel
  • Nampan : Plat stainless steel
  • Rangka mesin : Besi kotak
  • Pemanas : Kompor LPG
  • Pengatur suhu : Otomatis
  • Distribusi udara panas : Blower

Prospek bisnis gula merah dan gula merah bubuk atau gula semut memang manis sesuai rasanya bukan? Kalau Anda ingin memiliki pemahahan yang lebih lengkap terhadap pertimbangan investasi bisnis gula dengan mesin pengolah gula ini, Aneka Mesin siap sedia untuk mendampingi Anda. Silakan hubungi kontak WA di bawah ini.