Artikel, Kemasan Makanan

Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Dan Preferensi Konsumen Gula Pasir

ijin pada kemasan gula pasir

Berdasarkan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan preferensi konsumen gula pasir curah di Kota Medan ,maka dapat disimpulkan bahwa : Konsumen yang membeli gula pasir curah didominasi oleh konsumen yang berada pada rentang umur 25 – 29 tahun. Tingkat pendidikan konsumen terbesar ada pada tingkat pendidikan SMA. Jumlah anggota keluarga konsumen terbesar pada rentang 3 – 5 orang. Sementara jumlah anggota keluarga konsumen terkecil berada pada rentang ≥ 5 orang. Jumlah pendapatan konsumen terbesar berada pada kelompok 2.000.000 – 3.000.000.

Yang kedua,proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian gula pasir curah meliputi pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif,proses pembelian dan perilaku pasca pembelian.Ketiga Harga beli konsumen dan pendapatan tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah pembelian dan konsumsi gula pasir curah di Kota Medan. Namun,jumlah anggota keluarga berpengaruh nyata terhadap jumlah pembelian dankonsumsi gula pasir curah di Kota Medan.

Saran Kepada Konsumen,harapkan kepada konsumen konsumen membeli gula pasir curah dipasar tradisional karena harga gula pasir curah di pasar tradisional relatif lebihmurah dibandingkan dengan swalayan/supermarket dan di kios/warung.Kepada PenjualKepada penjual diharapkan untuk menyediakan gula pasir curah dalam jumlah yang lebih banyak karena rata-rata konsumen yang berbelanja di pasar
tradisional membeli dan mengkonsmsi gula pasir curah, sehingga penjual memperoleh untung yang lebih besar.Kepada Pemerintah, Pemerintah diharapkan membuat ketetapan harga gula pasir curah yang dijual di pasar. Hal ini dikarenakan adanya variasi harga ditiap-tiap pasar pasartradisional maupun di swalayan.

Untuk mengemas gula pasir curah dalam jumlah besar,kapasitas produksi besar,cara – cara manual sudah tidak sesuai dan tidak relevan lagi. Selain tenaga kerja,waktu yang lebih lama,kerapian kemasan pun nggak terukur. Berbeda jika dibandingkan dengan menggunakan mesin pengemas gula otomatis. Dengan mesin pengemas gula pasir otomatis,kecepatan  pengemasan jadi lebih cepat,tenaga kerja lebih sedikit,dan kerapian kemasan jelas lebih rapi.

Sumber