Artikel

Potensi dan Peluang Bisnis Garam di Indonesia?!, Menjanjikan!

petani-garam

Indonesia, negeri kepulauan terbesar di dunia, dengan garis pantai terpanjang ke dua di dunia, dengan wilayah laut yang lebih dominan dibandingkan daratannya menjadi salah satu importir garam terbesar, pernah dengar berita itu? Memprihatinkan bukan. Bukankah harusnya menjadi eksportir garam terbesar, lantas kenapa malah terjadi hal yang sebaliknya.

Salahnya dimana?. salah kelola pastinya. Harusnya jika tata kelola garam dan kondisi industri garam dalam negeri baik, maka negeri maritim terbesar ini sudah menjadi produsen garam modern, bukan sekedar menghasilkan garam curah yang nilai jualnya rendah, namun garam kemas premium berkualitas tinggi yang tentu sudah dikemas dengan mesin – mesin pengemas garam moderen.

Sudah saatnya bisnis garam berjaya dinegeri sendiri!

Bagi para pelaku usaha yang menjalankan bisnis garam harus paham bahwa pengemasan garam secara modern nampaknya sudah menjadi kewajiban bagi para produsen. Hal ini dikarenakan, untuk mampu bersaing dipasaran harus bisa mengikuti trend pasar yang saat ini sudah serba modern.

Garam berkualitas dalam kemasan tentu harga jualnya lebih tinggi jika dibanding dengan garam curah. Selain meningkatkan nilai jual garam, kemasan juga menjaga garam agar tidak rusak, tercecer, maupun tercemar oleh bahan lain, apalagi bahan berbahaya. Ada manfaat lainya juga, yaitu memudahkan dalam mengangkut, pengiriman, dan penghitungan stok maupun penjualan.

Itu manfaat kemasan bagi produsen dan penjual, bagi konsumen sendiri, kemasan yang baik bisa menjaga garam agar tidak rusak, mudah disimpan, dan praktis serta ekonomis. Konsumen skala kecil, semisal konsumen rumah tangga, tidak perlu membeli garam karungan. Mereka cukup membeli garam sachetan, sesuai dengan kebutuhan mereka.

Mesin pengemas garam sachet adalah alat otomatis dalam pengemasan bubuk atau butiran garam ke dalam kemasan sachet, dimana kecepatan rata-rata pengemasan 20 -50 sachet per menit. Untuk material korosif seperti garam, disarankan menggunakan mesin packing garam yang terbuat dari material full stainless steel. Jadi bukan hanya bagian yang kontak produk saja, mengingat garam bisa saja berceceran ke atas body atau part mesin yang lain.

Jadi dengan pengemasan garam yang baik, diharapkan mendongkrak potensi industri garam di tanah air. Dan cerita pahit menjadi importir besar garam,bisa diakhiri secepatnya, swasembada garam pun terwujud.