Artikel

Lebih Ekonomis! Pupuk Kemasan Kiloan Ini Hadir Untuk Anda!

pupuk-kimia-hanya-mengandung-satu-jenis-unsur-hara

Hal pokok yang dibutuhkan petani selain tanah, bibit tanaman, air, adalah pupuk. Tanpa pupuk, tanaman bisa hidup dan tumbuh, namun pertumbuhannya tidak sebagus jika didukung dengan aplikasi pupuk. Pupuk sendiri ada beragam, ada pupuk organik seperti pupuk kandang dan kompos. Ada pula pupuk anorganik yang banyak beredar dipasaran seperti pupuk urea, pupuk ZA, pupuk NPK, dan masih banyak yang lain.

Berbeda dengan petani yang menggarap lahan yang luas, seorang petani yang menggarap lahan terbatas ataupun seseorang yang hobi berkebun, tidak membutuhkan pupuk layaknya petani dengan lahan luas tersebut. Jika petani dengan lahan luas membutuhkan berkuintal pupuk, maka petani lahan terbatas ataupun seseorang yang hobi berkebun hanya butuh pupuk dalam jumlah yang lebih sedikit, misalnya satu kilo. Jika dilihat dengan kacamat bisnis, Ini merupakan suatu peluang bagi produsen pupuk untuk memenuhi kebutuhan mereka. Pupuk kemasan kecil satu kilo adalah produk yang berpeluang besar dan menyasar konsumen minimalis tersebut.

Jadi beragam pupuk (kandang,kompos,urea,za,NPK ,dll) bisa dikemas ke kemasan kecil satu kilo , dan bisa dengan mudah di distribusikan ke toko -toko pertanian,ke supermarket,ke toko -toko bunga,dan lain sebagainya.

Proses pengemasan pun sudah bukan perkara rumit dijaman yang serba canggih ini. Saat ini sudah tersedia alat -alat, dan mesin -mesin packing yang mempermudah dalam pengemasan. Mesin Packing pupuk 1 kilo pun bisa menjadi solusi. Lebih membanggakan lagi, mesin ini bukan buatan asing. Hal ini turut membuktikan bahwa anak negeri sudah bisa asembling, dan membuat mesin packing sendiri yang tidak kalah dengan buatan luar negeri. Dengan kualitas yang tidak kalah, harga yang kompetitif, dijamin para pengusaha tidak akan salah dengan memilih mesin produksi anak bangsa ini.

Tidak hanya gula, garam, kopi, atau coklat saja yang bisa dikemas kecil, pupuk pun juga bisa. Intinya kemasan kecil adalah usaha untuk mengakomodir, memenuhi kebutuhan konsumen kecil, dalam hal ini petani kecil maupun konsumen yang sekadar hobi bertani.

Bahkan untuk nutrisi tanaman khusus, bisa dikemas lebih kecil lagi, jadi tidak harus satu kilo. Bukan hanya  bentuk butir atau bubuk yang bisa dikemas, pupuk cair pun bisa dikemas sachet, dari miligram sampai kemasan satu liter. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasar, yang menuntut keefisienan dan keekonomisan.

Salah Satu Produsen mesin pengemas pupuk lokal adalah Aneka Mesin. Dengan pabrik  dan kantor di kawasan Jogja, alamat lengkap di jalan Magelang Km 13,3 Triharjo ,Sleman.

Sumber