Artikel, Informasi Mesin, Peluang Bisnis

Prospek Bisnis Gula Semut, Simak Peluangnya!

Prospek Bisnis Gula Semut, Simak Peluangnya!

Prospek bisnis gula semut saat ini makin menggiurkan, banyak peluang bisnis yang bisa dikembangkan. Kira-kira apa saja peluangnya? Simak ulasan berikut!

Akhirnya prospek bisnis gula semut makin cerah seiring dengan banyaknya permintaan pasar. Sebelumnya banyak orang yang menjadikan gula pasir dengan bahan dasar tebu sebagai bahan pokok untuk konsumsi sehari-hari. Saat ini kebiasaan tersebut mulai bergeser dengan makin beragamnya jenis gula yang diproduksi dan bereda di pasaran. Mulai dari gula untuk kebutuhan konsumsi harian hingga gula yang digunakan untuk produksi skala kecil dan besar.

Untuk sebagian masyarakat Indonesia, mengonsumsi gula semut bukanlah hal yang asing. Hampir pada kesehariannya beragam makanan dan minuman diproduksi menggunakan guls semut. Sejauh ini penggunaan gula semut bukan hanya untuk konsumsi rumah tangga tapi juga kebutuhan industri. Mulai dari bahan baku industri kecap, industri kue, serta beragam jenis minuman yang menggunakan gula semut sebagai pemanis.

Jadi tidak heran kalau gula semut makin eksis di pasaran bersama dengan jenis gula lainnya. Selain tekstur serbuknya memiliki kandungan air yang lebih sedikit, gula semut juga bisa bertahan dalam jangka waktu yang lumayan lama. Bisa bertahan sampai dua tahun tanpa perubahan warna dan rasa yang dialami pada gula semut apabila dibungkus pada tempat yang kedap udara.

Selain itu gula semut juga memiliki kelebihan lain. Beberapa di antaranya adalah kandungan glukosa yang lebih rendah. Sehingga banyak manfaat yang terkandung dalam gula semut untuk kesehatan. Terutama untuk menghindari terkena penyakit diabetes karena konsumsi kadar gula yang berlebih. Gula semut juga dikonsumsi oleh penderita diabetes dan kolesterol agar asupan glukosa dalam tubuh berada dalam jumlah yang tepat.

Manfaat Gula Semut Bagi Tubuh

  1. Mencegah Penyakit Anemia

Penyakit anemia terjadi disebabkan karena kemampuan kerja hemoglobin yang kurang,  yaitu senyawa dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengikat oksigen dalam darah. Dampak dari penyakit anemia bagi penderita adalah mengalami sesak nafas, kurang bersemangat, dan merasa lelah dalam menjalankan aktivitas keseharian.

  1. Menambah Tenaga

Ketika seseorang merasa sering kehilangan semangat dan sering lemas dikarenakan energi tubuh yang berkurang, maka gula semut bisa menjadi solusi atas keadaan yang dialami. Gula semut mengandung kalori yang rendah, bisa memicu bertambahnya energi dalam tubuh sebagai tenaga untuk menyelesaikan tugas dan beraktivitas sehari-hari. Bisa gunakan gula semut sebagai pengganti gula pasir untuk pemanis minuman yang diminum pada pagi hari.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Lancarnya peredaran darah akan sangat baik untuk kondisi kesehatan tubuh karena organ-organ dalam tubuh membutuhkan suplai darah yang cukup. Saat peredaran darah lancar maka kerja organ-organ dalam tubuh akan maksimal. Selain gula semut ada bahan alami lainnya yang bisa membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

  1. Menjaga Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol dalam tubuh harus dijaga jumlahnya supaya berada pada kondisi normal. Ketika kadar kolesterol dalam tubuh naik, bisa menimbulkan berbagai komplikasi dalam tubuh termasuk juga penyakit jantung. Maka dari itu, menjaga kadar kolesterol adalah hal yang sangat penting. Bagi penderita kolesterol tinggi disarankan untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dalam gula semut terkandung niacin yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh saat kadar kolesterol naik.

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Dalam gula semut terkandung senyama yang bisa menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh sehingga bisa membuat tubuh tidak mudah terserang atau terkena penyakit. Rutinlah mengonsumsi gula semut yang dilrutkan dalam minuman dalam porsi yang tepat. Imbangi juga dengan aktivitas fisik dan olahraga rutin.

Dari banyaknya manfaat yang terkandung dalam gula semut menjadikan prospek bisnis gula semut semakin cerah. Target pasar gula semut juga semakin luas mulai dari lokal sampai internasional. Konsumen gula semut di pasaran juga beragam, mulai dari konsumen rumah tangga, bisnis UKM, restoran dan kafe, hotel, industri rumahan, hingga industri besar. Berikut peluang yang bisa dimanfaatkan berkaitan dengan prospek bisnis gula semut yang semakin cerah.

Peluang Prospek Bisnis Gula Semut

  1. Coffee Shop

Maraknya bisnis kopi di Indonesia menjadikan gula semut sebagai produk yang makin naik permintaannya di pasaran. Mulai dari kedai kopi kecil hingga kedai kopi ternama berlomba-lomba untuk menyajikan seduhan kopi dengan kualitas terbaik bagi para penikmat kopi. Gula semut adalah dampingan penyedu beragam jenis kopi yang paling pas. Teksturnya yang mudah larut dalam air dan rasa manisnya yang tidak terlalu dominan lebih disukai dari pada gula pasir berbahan dasar tebu.

  1. Minuman Keninian

Kalau bisnis coffee shop atau kedai kopi makin marak, begitu juga dengan ragam bisnis minuman kekinian yang juga semakin banyak bermunculan. Seperti minuman boba, teh, susu yang disajikan dengan beragam rasa. Gula semut adalah pemanis yang dipilih oleh kebanyakan pelaku usaha minuman kekinian supaya percampuran rasa yang terkandung dalam minuman lebih pas dan sesuai selera konsumen.

  1. Hotel dan Penginapan

Bisnis penginapan tidak akan terlepas dari bisnis kuliner. Begitulah pada dasarnya, sebab orang-orang yang menginap di hotel berbintang hingga penginapan sederhana sebagian besar ingin menikmati sajian makanan dan minuman dari tempat mereka menginap. Untuk memberikan sajian minuman hangat seperti teh atau kopi, gula semut lebih banyak diminati karena cita rasa dan aroma manisnya yang khas.

  1. Restoran

Kalau jenis bisnis ini sudah tentu merupakan target pasar yang sangat empuk untuk produk gula semut. Konsumen dari restoran atau pun rumah makan tidak akan jauh dari pemilihan sajian dampingan yaitu minuman yang berkualitas. Karakteristik konsumennya yang beragam juga membuat permintaan gula semut untuk bisnis restoran dan rumah makan semakin bertambah.

Itulah prospek bisnis gula semut yang makin bertambah di masa sekarng ini. Namun sebagai pelaku bisnis gula semut juga harus memperhitungkan jumlah produksi berdasarkan jumlah yang diminta dan dibutuhkan oleh pasar. Untuk meningkatkan kapasitas produksi dan tetap menjaga kualitas serta mutu produk dibutuhkan teknologi tepat guna yaitu mesin

Supaya tetap bisa bersaing di pasaran, meningkatkan kapasitas produksi dengan tetap menjamin kualitas dan mutu dari produk gula semut itu sendiri dibutuhkan alat penunjang produksi salah satunya adalah mesin pengolah gula semut. Penggunaan mesin pengolah gula semut bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pelaku bisnis gula semut dalam meningkatkan kapasitas produksi degan tetap menjaga kualitas dan mutu produk.

Mesin Kristalisator Gula Semut

Mesin kristalisator gula semut berfungsi untuk memasak gula semut dan membuat gula semut berbentuk kristal sehingga mesin ini disebut dengan mesin kristalisator gula semut.

Spesifikasi Mesin Kristalisator

  • Kapasitas : Kurang lebih 30 liter per proses
  • Material tabung : Dari wajan alumunium
  • Dimensi mesin : 80 cm x 70 cm x 140 cm
  • Material rangka : Besi siku
  • Penggerak : Motor listrik 0,5 HP

Mesin Penepung Gula Semut

Mesin penepung gula semut berfungsi untuk menepung atau menggiling gula semut yang ukurannya masih besar supaya menjadi butiran tepung.

Spesifikasi Mesin Penepung Gula Semut

  • Model : FFC23 Stainless steel
  • Dimensi mesin : 60 cm x 40 cm x 100 cm
  • Material rangka : Besi siku
  • Material tabung : Stainless steel
  • Penggerak : Motor bensin 6,5 HP

Mesin Pengayak Gula Semut

Mesin pengayak gula semut berfungsi untuk memilah dan mensortir ukuran butiran gula semut supaya sama atau seragam.

Spesifikasi Mesin Pengayak Gula Semut

  • Sistem : Getar
  • Dimensi mesin : 120 cm x 50 cm x 100 cm
  • Material rangka : Besi siku
  • Material kontak produk : Stainless steel
  • Ukuran mesh : 40
  • Penggerak : Motor listrik 0,5 HP

Mesin Pengering Gula Semut

Mesin pengering gula semut berfungsi untuk mengeringkan gula semut supaya kandungan airnya berkurang. Jika tingkat kekeringan gula semut optimal, maka produk akan lebih tahan lama.

Spesifikasi Mesin Pengering Gula Semut

  • Body bagian dalam dan luar : Plat stainless steel
  • Rangka untuk rak : Stainless steel
  • Nampan : Plat stainless steel
  • Rangka mesin : Besi kotak
  • Pemanas : Kompor LPG
  • Pengatur suhu : Otomatis
  • Distribusi udara panas : Blower

Prospek bisnis gula semut memang manis sesuai rasanya bukan? Kalau Anda ingin memiliki pemahahan yang lebih lengkap terhadap pertimbangan investasi bisnis gula semut dengan mesin pengolah gula semut, Aneka Mesin siap sedia untuk mendampingi Anda. Pastikan bisnis gula semut Anda bisa bersaing di pasaran dan berkesempatan untuk menembus pasar internasional!