Informasi Mesin, Peluang Bisnis

Gula Semut atau Gula Pasir, Pilih Mana?

Gula Semut atau Gula Pasir, Pilih Mana?

Gula semut atau gula pasir merupakan jenis gula yang biasa dikonsumsi untuk keseharian. Peluang bisnis gula semut atau gula pasir keduanya juga sama besar. Tapi manakah yang lebih menguntungkan? Gula semut atau gula pasir? Simak ulasannya!

Gula Semut

Gula semut adalah gula yang berasal dari olahan kelapa atau aren. Berbeda dengan gula pada umumnya gula semut diproduksi dalam dua versi yaitu gula merah dan versi bubuknya gula kristal. Gula merah ini diberi nama gula semut karena bentuknya mirip rumah semut yang bersarang di tanah. Bahan dasar dari gula semut ini adalah nira dari pohon kelapa atau pohon aren.

Gula semut ini termasuk dalam gula herbal karena mempunyai khasiat untuk kesehatan tubuh. Sering kali gula semut dipakai untuk bahan olahan membuat makanan dan minuman. Gula semut memiliki rasa manis yang berbeda dengan gula merah biasanya. Selain itu gula semut juga bersih dan bebas dari serabut atau ampas gula yang biasanya ditemui pada gula merah biasa.

Khasiat Gula Semut

  1. Mengandung Vitamin B1 Thiamin

Kandungan ini berfungsi sebagai koenzim metabolisme energi dalam tubuh. Selain itu bisa memperkuat sistem otot dan syaraf. Serta membantu tubuh untuk memproduksi dan menggunakan protein.

  1. Vitamin B2 Riboflavin

Khasiat ini membantu tubuh untuk membentuk sel darah merah. Menghasilkan antibodi atau imun yang baik. Bersamaan dengan enzim akan menghasilkan energi yang diperlukan tubuh. Bersama dengan vitamin A akan memperbaiki selaput mukosa pada saluran pencernaan. Kemudian Menghambat kerusakan sel pada saat proses produksi energi. Serta memperbaiki sistem kerja jaringan dan saluran pencernaan tubuh.

  1. Vitamin B3 Nicotinic Acid

Berfungsi untuk mencegah tumbuhnya jerawat dan menghaluskan bekas jerawat. Selain itu juga mencegah terjadinya sembelit dan wasir.

  1. Vitamin B6 Pyridoksin

Membantu metabolisme protein dan karbohidrat. Membantu proses produksi sel-sel darah merah dalam tubuh. Serta meningkatkan sistem imun tubuh.

  1. Ascorbic Acid

Mengandung fungsi antibiotik. Mencegah terjadinya rematik, ashma, dan flu. Mencegah penyakit kanker. Menciptakan sistem imun tubuh yang baik. Memperkuat persendian dan tulang. Megandung antioksidan serta mampu menangkal radikal bebas.

  1. Kalsium

Melancarkan peredaran darah. Menormalkan tekanan darah. Menyeimbangkan kadar keasaman darah. Mencegah tulang keropos atau ssteoporosis. Mencegah penyakit jantung dan menurunkan resiko kanker usus.

  1. Niacin

Berfungsi meningkatkan kesehatan kulit, sistem pencernaan, dan sistem syaraf. Menurunkan kadar kolesterol dan lemak darah. Serta meningkatkan fungsi kerja otak.

Proses produksi gula semut melalui beberapa tahapan. Tahapan pembuatan gula semut sebagai berikut.

  1. Pengirisan
  2. Pengeringan
  3. Penggilingan
  4. Pengayakan
  5. Pengemasan

Gula semut biasanya dikonsumsi untuk menemani seduhan minuman atau pemanis makanan.

  1. Kopi
  2. Teh
  3. Susu
  4. Bandrek
  5. Minuman Herbal Jamu
  6. Pemanis Makanan

Gula Pasir

Sementara gula pasir merupakan hasil olahan dari penguapan nira tebu. Bentuk gula pasir adalah kristal warnanya putih dan rasanya manis. Dalam gula pasir mengandung sukrosa sebesar 97,1 persen, gula reduksi 1,24 persen, kadar air 0,61 persen, dan senyawa organik yang bukan gula sebesar 0.7 persen.

Butiran kristal gula pasir betuknya prisma dengan warna putih jernih. Warna gula pasir bergantung dengan tingkat kemurniannya sendiri. Bentuk kristal gula pasir akan bertahan lama jika disimpan dalam tempat yang sesuai. Gula yang biasanya di jual di pasaran atau komersil adalah gula pasir. Gula pasir didapatkan dari gula tebu dengan proses memumikan air tebu, menguapkan airnya, dan kemudian dilanjutkan dnegan proses mengkristalkan gula. Hasil gula pasir ini mengandung sukrosa sebesar 99,99 %.

Gula pada dasarnya berfungsi sebagai sumber nutrisi dalam bahan makanan. Sebagai pembentuk tekstur dan pembentuk rasa melalui reaksi pencokelatan. Gula dengan daya larut yang tinggi dan daya mengikatnya yang kuat terhadap air merupakan sifat-sifat yang menjadikan gula sering digunakan untuk pengawetan bahan pangan. Konsentrasi yang tinggi pada olahan pangan bisa mencegah pertumbuhan bakteri. Sehingga bisa berperan sebagai pengawet.

Gula pasir itu terbuat dari tebu. Proses pembuatanannya diawali dengan tebu yang dipanen. Kemudian dihancurkan, diperas, dan diambil sarinya. Hasil perasan sari tebu berupa cairan. Biasanya diberi bahan tambahan agar campuran sari tebu menjadi murni yang kemudian diputihkan dengan belerang oksida. Setelah itu campuran didinginkan dan terakhir dikristalkan hingga menjadi gula pasir yang beredar dan dikonsumsi banyak orang.

Mungkin sudah tidak asing lagi mengenai bahaya gula pasir untuk kesehatan tubuh. Dikarenakan kandungan kalori dalam gula pasir yang bisa menyebabkan berat badan bertambah atau naik. Sehingga kebanyakan orang yang suka megkonsumsi gula atau pun makanan serta minuman manis akan berpotensi untuk mengalami obesitas serta risiko penyakit berbahaya lainnya. Seperti penyakit diabetes melitus tipe 2 dan kencing manis.

Manfaat Gula Pasir

Meski terkesan berbahaya, pada dasarnya gula pasir merupakan pemanis alami yang paling banyak dikonsumsi serta memiliki beberapa manfaat ketika dikonsumsi dengan takaran yang sesuai.

Selain digunakan untuk pemanis dan penyedap makanan, menambahkahn rasa manis untuk kue dan minuman, gula pasir masih memiliki beberapa manfaat lain yang selama ini mungkin tidak orang kira.

  1. Meningkatkan tekanan darah

Bagi orang yang mengalami tekanan darah rendah dapat memanfaatkan gula pasir sebagai asupan untuk meningkatkan tekanan darah. Air gula dapat membantu menaikkan tekanan darah. Sehingga beragam gejala darah rendah seperti halnya sakit kepala dapat diatasi.

  1. Memperbaiki suasana hati

Saat seseorang merasa galau atau gelisah. Bisa mencoba denga minum minuman yang manis mengandung gula. Seperti jus buah yang ditambahkan gula. Bisa juga dengan cokelat panas, susu hangat, atau ragam minuman dingin yang manis bisa meningkatkan dan memperbaiki mood seseorang.

  1. Menjaga fungsi otak

Rasa manis dalam gula bisa memberikan stimulus pada otak untuk berpikir secara maksimal. Selain itu juga menjadi sumber pemantik otak untuk bekerja secara aktif.

  1. Sumber energi

Berbeda halnya dengan nasi yang butuh proses panjang sampai bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Gula langsung bisa diubah menjadi sumber energi.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Gula pasir mempunyai kandungan sifat antibiotik yang bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

  1. Kesehatan wajah

Gula pasir dapat dimanfaatkan untuk membersihkan komedo pada wajah. Mengangkat sel kulit tai. Selain itu juga berguna untuk menyamarkan noda dan bintik hitam di wajah. Gula pasir juga bisa digunakan untuk menghilangkan pigmentasi kulit atau freckles pada wajah.

Pasar Lebih Luas, Gula Semut atau Gula Pasir?

Baik gula semut atau gula pasir punya pangsa pasarnya masing-masing. Peluang bisnis gula semut atau gula pasir sama-sama terbuka dan bisa menghasilkan keuntungan. Kalau pasarnya diperuntunkan untuk konsumsi rumah tangga harian maka gula pasir adalah produk gula yang bisa berkembang dan mendatangkan banyak keuntungan. Selain itu komoditas gula pasir pada dasarnya masuk dalam kebutuhan pokok. Maka gula pasir tidak akan pernah kehilangan pasar. Terutama pada musim ramadan, lebaran, dan kejadian khusus seperti wabah atau pun bencana.

Sementara gula semut juga punya segmen pasarnya sendiri. Gula semut lebih punya kesempatan yang luas untuk bersaing di pasar internasional. Hal tersebut dikarenakan konsumen gula semut untuk perseorangan lebih banyak diminati oleh orang-orang Amerika Serikat, Eropa, Australia, dan beberapa negara di Asia. Gula semut dinilai sebagai gula herbal yang lebih sehat dibandingkan gula pasir.

Jadi gula semut atau gula pasir keduanya sama-sama bisa mendatangkan keuntungan asalkan tahu bagaimana strategi bisnisnya. Peluang bisnis gula semut atau gula pasir juga sama-sama bisa dikembangkan. Salah satu strategi yang perlu diperhatikan adalah berkaitan dengan pengemasa. Baik gula semut atau gula pasir kalau ingin bernilai tinggi dan bisa bersaing di pasaran serta memiliki kualitas produk yang baik harus memperhatikan kemasan. Karena setiap produk harus memiliki brand yang menjadi ciri khas dan identitas produk.

Mesin Pengemas Gula Semut atau Gula Pasir

Untuk menjadikan gula semut atau gula pasir lebih berkualitas dan naik kelas bisa digunakan mesin pengemas gula untuk membantu proses pengemasan produk dengan teknologi tepat guna. Mesin pengemas gula berfungsi untuk mengemas produk gula semut atau gula pasir secara otomatis dan cepat. Menggunakan mesin pengemas yang tepat dalam mengemas sebuah produk akan menghasilkan kemasan produk yang berkualitas tinggi dan juga dapat memenuhi kapasitas produksi.

Spesifikasi Mesin Pengemas Gula Semut atau Gula Pasir

  • Kecepatan pengemasan : 15 – 45 kemasan / menit
  • Ukuran kemasan : 17 x 26 cm
  • Kapasitas kemasan : Sampai dengan 1000 gram
  • Material pengemas : AL+PE, OPP+PE, NY+PE dan bahan  kertas pengemas lain yang dapat direkatkan dengan panas
  • Dimensi mesin : 100 x 70 x 200 cm
  • Daya listrik : 1200 Watt
  • Berat  mesin : ± 400 kg

Keunggulan Mesin Kemasan Gula Semut atau Gula Pasir Otomatis

  • Desain mesin packing gula kokoh dan kuat
  • Mesin pengemas gula sangat mudah dioperasikan
  • Mesin pembungkus gula otomatis dilengkapi dengan panel kontrol yang berfungsi untuk mengatur berbagai pengaturan dalam menjalankan mesin
  • Dapat mempacking berbagai jenis produk gula pasir
  • Bisa mengemas berbagai ukuran kemasan sesuai kebutuhan
  • Dapat mengemas berbagai model pengemasan disesuaikan dengan kebutuhan

 

Peluang bisnis gula semut atau gula pasir haru diambil dan dikembangkan. Seperti halnya rasa gula, peluang bisnis gula semut atau gula pasir sama-sama manisnya bukan?Kalau Anda ingin memiliki pemahahan yang lebih lengkap terhadap pertimbangan investasi bisnis gula semut atau gula dengan Mesin Pengemas Gula Otomatis, Aneka Mesin siap sedia untuk mendampingi Anda. Salam sukses teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis gula semut atau gula pasir Anda #NaikKelas!