Artikel

Suka Ikan Kerapu? Ini Tips Pengemasan Ikan Kerapu Hidup!

ikan-kerapu

Well siapa yang tak kenal ikan kerapu? Ikan laut yang mempunyai harga jual yang cukup tinggi ini memang sedang booming kehadirannya di beberapa menu resto yang menyajikan menu laut istimewa. Jadi bisa dibilang permintaan ikan kerapu setiap tahunnya bahkan setiap bulannya semakin meningkat seiring dengan tingginya animo konsumen untuk mencoba hewan laut tersebut di atas piring saji.

Ikan kerapu sendiri hampir sama perlakuannya seperti ikan laut lain yang di pelihara, hanya saja dalam pengemasannya cukup berbeda. Untuk mengemas kerapu hidup di dalam kotak atau plastik kemasan. Oke berikut ini adalah langkah mengemas ikan kerapu dalam keadaan hidup kedalam suatu box, oke monggo di simak :

Hal dasar yang anda butuhkan pertama kali adalah Obat bius, kemudian di lanjutkan dengan langkah-langkah berikut ini :

  1. Masukkan air dingin (18 – 22 derajat Celcius) ke dalam bak penampungan dan diamkan dalam keadaan teraerasi.
  2. Masukkan ikan kerapu ke dalam bak penampungan.
  3. Masukkan obat bius sebanyak 5 tetes dan tunggu selama 10 menit untuk melihat reaksi ikan kerapu. Apabila dalam kurun waktu tersebut ikan kerapu belum terbius, maka obat bius dapat kembali dimasukkan sebanyak 5 tetes sampai ikan kerapu terbius.

suka-ikan-kerapu-ini-tips-pengemasan-ikan-kerapu-hidup

Setelah proses pembiusan selesai, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengemas ikan kerapu pingsan kedalam box styrofoam yang telah di masukan kedalam Plastik Kemasan berukuran besar.

  1. Siapkan 1 buah styrofoam box yang kering dan bersih.
  2. Siapkan kantung plastik kemasa tebal berukuran cukup besar yang mampu menampung air sebanyak 15 liter.
  3. Siapkan 2 kilogram es batu yang dibagi menjadi 4 bagian dan terbungkus dengan kertas koran. Letakkan es batu disetiap sudut dari styrofoam box.
  4. Masukkan air laut bersuhu 18 – 22 derajat Celcius ke dalam kantung plastik berangkap dua.
  5. Masukkan ikan kerapu ke dalam kantung plastik, dilanjutkan dengan memberikan oksigen ke dalam air yang berada didalam kantung plastik dengan perbandingan 1 : 3.
  6. Ikat kantung plastiknya, lalu masukkan ke dalam styrofoam box.
  7. Tutup styrofoam box-nya, lalu rekatkan dengan plakban. Selimuti styrofoam box dengan menggunakan Plastik Kemasan besar bening untuk mencegah keluarnya air.

SUMBER