Blog

Hati-Hati! Pupukmu Akan Rusak Karena Hal Sepele Ini!

urban-farming-tengah-menjadi-trend-masyarakat-kota

Berbicara mengenai pertanian, maka tidak bisa jika tidak bicara tentang pupuk. Peranan pupuk memang sangat vital dalam industri pertanian. Tanaman apapun yang dibudidayakan, pasti tetap membutuhkan peranan pupuk. Dalam pupuk, terkandung berbagai macam mineral yang sangat dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang, seperti N, P, dan K.

Karena didalam pupuk terkandung mineral-mineral aktif yang penting untuk tanaman, maka pengemasan pupuk tidak dapat dilakukan secara serampangan. Pengemasan yang salah dapat menyebabkan terjadinya kontaminasi pupuk, bahkan dapat terjadi kehilangan keseimbangan kandungan nutrisi dan mineral dalam pupuk.

Pada dasarnya pengemasan pupuk dilakukan dengan beberapa tujuan, diantaranya:

  • Melindungi pupuk dari kontaminasi
  • Menjaga keawetan pupuk
  • Menanggulangi kerusakan akibat kontak langsung dengan matahari, air dan udara
  • Mempermudah dalam pendistribusian dan pengangkutan
  • Meningkatkan nilai jual pupuk

Berkaca pada tujuan-tujuan tersebut, diketahui bahwa pengemasan pupuk adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Oleh karena hal tersebut, pengemasan pupuk dengan teknologi secara modern sangat dianjurkan.

Sayangnya kebanyakan produsen kurang memperhatikan secara serius permasalahan ini. Masalah ini masih disepelekan, padahal dampaknya bisa sangat merugikan jika tidak hati-hati. Misalnya saja karena pengemasan yang tidak baik, pupuk dapat terkontaminasi oleh jamur atau bakteri penyebab penyakit tanaman. Bukan tanaman yang tumbuh subur, tetapi justru tanaman mati yang didapatkan.  Jadi sejatinya masalah ini tidak dapat dianggap sepele sedikitpun.

pemahaman-pentingnya-kemasan-pupuk

Pemahaman pentingnya kemasan pupuk oleh para produsen adalah hal yg sangat penting

Perlu diketahui bahwa selain mampu melindungi pupuk secara optimal, penggunaan kemasan yang baik juga akan meningkatkan nilai jual pupuk sehingga dapat semakin kompetitif dipasaran. Tentunya dengan kemasan pupuk yang selangkah didepan, para konsumen tentunya akan lebih diperhitungkan dibandingkan produk-produk yang lain.

Pengemasan dengan mesin otomatis tidak selalu butuh biaya besar lo!. Saat ini sudah banyak penyedia mesin-mesin pengemas otomatis karya anak bangsa dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk luar negeri!. Tentunya hal ini juga akan membantu kemajuan industri mesin di Indonesia.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. See you soon!